Mbak Rini,

Benar katanya bundanya Sulthan, mungkin Bagas bisa konsul ke dsa bag paru.
Kemarin sore saya mengantar teman saya yg anaknya (8bln) selalu pilek dan
nafasnya selalu bunyi grok-2. Dari hasil tanya jawab, ketahuan kalau anaknya
selalu minum dalam posisi tiduran, dan yg lebih 'jeleknya' stlh minum tdk
'dibepkan' dulu (badan anak diposisikan tegak spy udara yg ikut masuk akan
keluar).

Penjelasannya begini; selama minum susu dgn botol anak juga mengisap udara
yg terdapat dlm botol. Udara yg ikut terhisap ini jika tdk dikeluarkan akan
mencari jln keluar sendiri dgn ikut menarik isi lambung, terutama cairannya.
Proses keluarnya bisa melalui muntah atau masuk ke saluran pernafasan menuju
paru-paru. Kalau yg terakhir ini yg terjadi, maka nafas anak akan
mengeluarkan bunyi akibat saluran pernafasannya tersumbat. Lebih fatal lagi
kalau cairan yg masuk dlm paru-paru menumpuk, akibatnya anak akan selalu
piluk krn paru-parunya dlm keadaan basah.

demikian mbak mudah-2an bisa dimengerti dan bagas cepat sembuh.

endra