Menanggapi usulan ibu Renni, saya sangat setuju sekali, karena kadang-kadang
mail-mail singkat tersebut sangat mengganggu.

Mungkin selama ini masih banyak netters yang belum tahu kepanjangan JAPRI,
JARUM/ JALUM, terbukti dengan adanya pertanyaan "siapa sih pak JAPRI ?",
atau "kirim juga untuk saya Mr. JAPRI". Untuk itu pada kesempatan ini saya
ingin sedikit mencoba menjelaskan apa itu JAPRI.

JARUM/ JALUM/ Jalur Umum
Jika kita berlangganan suatu Mailing List, lalu mendapat mail dari members,
maka itu semua disebarkan melalui JARUM/ JALUM/ Jalur Umum. Dengan melalui
Jalur Umum ini, semua members akan menerima mail yang sama, walaupun
kadang-kadang mail tersebut nggak ada gunanya untuk members lain. Biasanya
dengan menggunakan Jalur Umum, maka mail tersebut memang berguna bagi semua
members, misalnya informasi kesehatan, dan informasi-informasi lainnya.
Anggap saja misalnya anda mengirim surat pada kontak pembaca di koran.

JAPRI/ Jalur Pribadi
Setelah kita menerima surat dari suatu Mailing List, lalu kita ingin
memberikan tanggapan atau meminta sesuatu ke si Pengirim Mail, dimana
tanggapan tersebut tidak diperlukan oleh members lain, misalnya "saya juga
mau donk", "minta satu donk", "ya, setuju" dan lain sebagainya, maka
sebaiknya melalui JAPRI. Japri disini adalah kita mereply e-mail langsung ke
si Pengirim Mail, jadi bukan ke alamat Mailing List, misalnya
[EMAIL PROTECTED] . Jadi misalnya mail yang anda terima ini, maka
alamat JAPRInya adalah [EMAIL PROTECTED] . Alamat ini bisa dilihat waktu
kita me-reply mail, biasanya ada alamat pengirimnya. Kalau kita malas untuk
mengetik ulang, maka kita bisa menggunakan fasilitas Copy and Paste.
Keuntungan menggunakan JAPRI ini adalah mail rahasia anda nggak terbaca oleh
orang lain, anda tidak menerima mail yang pernah anda kirimkan dari Mailing
List (terlebih kalau ada attachment gede), anda nggak bakalan diomelin
netters lainnya karena mendapat junk mail. Anggap saja anda mengirim surat
buat pacar, nggak mau donk semua orang membacanya :)

Tambahan
* Kalau bisa Subject mail diisi sesuai dengan isi mail, karena kadang-kadang
lain judul lain isi. Tapi kalau memang judul dan isi sama, maka suatu hari
nanti kalau kita ingin mengtrace mail yang masuk, maka dapat dilakukan
dengan mudah.
** Biasakan waktu me-reply email, bagian yang nggak perlu dibuang/ dihapus
saja. Nggak susah kok, cukup menyorot yang mau dibuang, lalu tekan tombol
Del.

Sekian dari saya, kalau ada kesalahan mohon dikoreksi, kalau ada yang
tersinggung mohon maaf.

Regards.
Tommy

### FREE DOMAIN [.COM|.NET|.ORG *] >> http://www.indoglobal.com << ##