PERTOLONGAN PERTAMA DIGIGIT SERANGGA

Jika anak anda atau seseorang yang anda ketahui disengat serangga yang
memiliki racun yang cukup berbahaya
bagi tubuh - seperti lebah - maka yang harus anda lakukan adalah :

1. Serangga seperti tawon umumnya meninggalkan sungutnya yang berisi bisa
pada kulit yang disengat.
Jangan tarik sungutnya itu secara paksa tetapi garuk dengan objek tumpul
yang berbentuk persegi
seperti kartu bank bekas atau pisau yang tumpul.
2. Cuci luka dengan sabun dan air bersih. Lakukan 2-3 kali sehari sampai
luka terasa baikan.
3. Kompres luka selama beberapa menit dengan es batu yang dibungkus dengan
handuk atau kain bersih
atau handuk / kain yang dibasahi dengan air dingin atau kompres luka dengan
 baking soda
yang dicampur air selama 15 - 20 menit.
4. Untuk mengurangi rasa sakit minum acetaminophen. (MUNGKIN YANG INI BUKAN
 UNTUK BALITA YA?)

Selain itu untuk mengurangi rasa sakit dan gatal yang timbul akibat
sengatan serangga
dapat diberikan sedikit bahan kimia amoniak yang dipakai untuk keperluan
rumah tangga
atau dapat membeli amoniak yang memang dijual untuk mengurangi rasa sakit
dari sengatan serangga tersebut.

Cara lain adalah dengan minum antihistamin jika dokter anda mengijinkan.
Ikuti petunjuk obat itu secara baik-baik untuk menyesuaikan dengan berat
dan usia anak anda.

Sengatan serangga pada mulut dan hidung dapat menyebabkan terhalangnya
jalan udara yang
dapat berakibat fatal dan perlu segera perawatan medis. Anda juga harus
segera mencari pertolongan pertama
jika anak anda menunjukkan gejala-gejala di bawah ini yang mungkin
memperlihatkan adanya reaksi alergi :

1. Bengkak yang semakin meluas pada area gigitan.
2. Nafas yang kelihatan abnormal.
3. Sesak pada dada atau tenggorokan.
4. Ruam atau kulit menjadi berbintik-bintik merah membengkak disertai rasa
gatal.
5. Pingsan
6. Muntah
7. Rasa sakit yang terus menerus dan pembengkakkan yang tidak hilang lebih
dari 72 jam.

Sedangkan jika anak anda digigit laba-laba yang kebetulan termasuk jenis
beracun
seperti black widow atau brown recluse - keduanya banyak terdapat di negara
 yang beriklim hangat.
Bentuknya besar dengan garis-garis di sekujur tubuhnya atau berwarna hitam
gelap - maka penanganannya
sama dengan penangan jika digigit lebah. Hanya saja ditambah dengan
pemberian antibiotik
untuk menghindari infeksi yang mungkin timbul. Jika anda mencurigai anak
anda digigit oleh
kedua jenis laba-laba tersebut cepat bawa ke rumah sakit terdekat untuk
mendapat perawatan medis.
Umumnya anak anda akan menampakkan gejala-gejala di bawah ini jika digigit
oleh laba-laba jenis berbahaya tersebut :

1. Area bekas sengatan akan berwarna biru gelap atau ungu dikelilingi oleh
lingkaran
dalam berwarna putih dan lingkaran luar yang lebih luas dan berwarna merah.

2. Kulit membengkak merah dengan disertai rasa gatal.
3. Otot yang terasa kakudan kejang.
4. Sakit di daerah sekitar perut.
5. Sakit kepala atau demam.
6. Rasa umum yang terjadi jika sedang mual.
7. Kurang nafsu makan.
8. Rasa sakit disekujur sendi
9. Tanda infeksi dengan luka bekas sengatan yang membengkak dan menjadi
merah.
10. Urin yang berwarna merah atau pink.

Sumber : keluarga.Org

"farida" <[EMAIL PROTECTED]> on 11/06/2000 11:58:15 AM

Please respond to [EMAIL PROTECTED]