Mudah-mudahan bermanfaat

-------- Original Message --------
Subject: Re: [balita-anda] Puasa bagi ibu hamil : Fidyah
Date: Wed, 8 Dec 1999 23:04:54 -0800 (PST)
From: mamanya Dafi <[EMAIL PROTECTED]>
To: [EMAIL PROTECTED]

Saya ambilkan dari tuntunan Ramadhan kantor saya
sebagai perbandingan. Dari hadits yang ada semua nya
punya tingkat shahih sehingga tanpa mengurangi hormat
terhadap fatwa tersebut, silakan ambil yang terbaik
dan paling sesuai dengan keyakinan dan hati kita
masing-masing.

Mamanya Dafi

7. "Ucapan Ibnu Abbas : wanita yang hamil dan wanita
yang menyusui apabila khawatir atas kesehatan
anak-anak mereka, maka boleh tidak shaum dan cukup
membayar fidyah memberi makan orang miskin " ( Riwayat
Abu Dawud ). Shahih
8. "Diriwayatkan dari Nafi' dari Ibnu Umar: Bahwa
sesungguhnya istrinya bertanya kepadanya ( tentang
shaum Ramadhan ), sedang ia dalam keadaan hamil. Maka
ia menjawab : Berbukalah dan berilah makan sehari
seorang miskin dan tidak usah mengqadha shaum ." (
Riwayat Baihaqi) Shahih.
9. "Diriwayatkan dari Sa'id bin Abi 'Urwah dari Ibnu
Abbas beliau berkata : Apabila seorang wanita hamil
khawatir akan kesehatan dirinya dan wanita yang
menyusui khawatir akan kesehatan anaknya jika shaum
Ramadhan. Belberkata : Keduanya boleh berbuka ( tidak
shaum )dan harus memberi makan sehari seorang miskin
dan tidak perlu mengqadha shaum" ( HR.Ath-Thabari
dengan sanad shahih di atas syarat Muslim , kitab
AL-irwa jilid IV hal 19).
KESIMPULAN: Pelajaran yang dapat diambil dari
keterangan di atas adalah :
Orang Mu'min yang diberi kelonggaran diperbolehkan
untuk tidak mengerjakan shaum dan tidak wajib
mengqadha, tetapi wajib fidyah (memberi makan sehari
seorang miskin). Mereka adalah orang yang tidak lagi
mampu mengerjakan shaum karena :
b). Wanita yang menyusui dan khawatir akan kesehatan
anaknya.
c). Karena mengandung dan khawatir akan kesehatan
dirinya.

Wallahu 'alam bissawab

http://www.keadilan.or.id/Seruan/Fatwa/Puasa/puasa.html