Di situs www.kak-seto.com ada 3 (tiga) buah tulisan
yang memuat tentang HMFD dan biang keladinya (virus
coxsackie dan rekan-rekannya sesama enterovirus).
Tulisan-tulisan tersebut memuat tentang fenomena
penyebaran virus yang konon telah mencapai Malaysia
(Borneo)dan cara pencegahan dan penanggulangan sakit
yang diderita oleh anak yang terkena.

Di bawah ini saya attach satu dari 3 (tiga) tulisan
tersebut.

HMFD: Mengurangi Penderitaan si Kecil
Menghadapi HMFD memang bukan perkara mudah. Hal ini
dikarenakan HMFD menyebabkan tenggorokan si Kecil
mengalami luka sehingga ia tidak bernafsu untuk minum
apalagi makan.
Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan untuk
mengurangi penderitaan si Kecil yang tengah terkena
HMFD. Beberapa diantaranya adalah :

·       Atasi Demam
Obat penurun demam yang biasa Anda gunakan untuk si
Kecil dapat diberikan. Namun demikian, obat-obatan
tersebut tidak akan efektif dalam jangka panjang,
apalagi bila demam si Kecil cukup tinggi. Sebaiknya
konsultasikan kepada dokter tentang jenis obat dan
dosis yang tepat untuk mengatasi demam yang diderita
si Kecil.

·       Balur Luka

Minyak atau lotion yang dapat membuat kulit mati rasa
dapat digunakan untuk membalur luka lecet dan lepuh
yang diderita si Kecil. Bila memungkinkan,
konsultasikan kepada dokter tentang obat yang dapat
membuat mulut mati rasa.

·       Pilih-pilih Makanan
Makanan yang padat dan renyah sebaiknya tidak
diberikan dahulu. Sebaiknya makanan disajikan dalam
bentuk selunak mungkin. Jangan gunakan banyak bumbu
dan hidangkan saat hangat namun tak terlalu panas
hingga tak menyakiti tenggorokan anak. Mie dengan
sedikit bumbu, roti dan agar-agar dapat dijadikan
alternatif nasi.

·       Banyak minum
Berikan banyak minum pada anak untuk mencegah
dehidrasi. Hindari soda dan minuman yang berkarbonasi
karena akan semakin menyakiti tenggorokan anak.
Minumlah susu yang agak dingin agar gizi anak pun
tidak kurang.

Saran dokter
Menurut Dr. Hendratno Halim SpA, ada beberapa hal yang
dapat dilakukan oleh Anda untuk mengurangi penderitaan
si Kecil selama menjalani hari-hari sakitnya…
·       Beri minum air putih dan gula untuk menyumbangkan
kalori pada tubuh, mencegah dehidrasi sekaligus
menyejukkan tenggorokan.
·       Air tajin untuk menggantikan makanan yang
mengenyangkan untuk anak.
·       Daun sirih yang direbus dan kemudian dikunyah agar
mulut serasa kebal atau mati rasa demi meniadakan rasa
sakit saat makan dan minum.
·       Beri minum air penyejuk secara teratur selama 5 – 6
hari.
·       Jus pepaya untuk menambah vitamin anak tanpa
menyakiti mulut dan tenggorokannya.

Sedangkan untuk pencegahan, Dr. Hendratno menyarankan
untuk:
·       Mencuci tangan secara teratur dengan menggunakan
cairan antiseptik terutama sebelum makan.
·       Gunakan antibiotik untuk pencegahan, tentunya dengan
pengawasan dokter.

(Sumber: www.kak-seto.com)

http://www.geocities.com/HotSprings/2188/outbreak.html