Dear Ibunya Bana,
Untuk lebih mengetahui tentang Penyakit HFMD, sebaiknya ibu coba browse ke
http://www.geocities.com/HotSprings/2188/outbreak.html situs ini menyediakan
informasi tentang HFMD dan juga ada foto ciri-ciri anak yang terserang
penyakit tsb. Sayangnya di milis ini tidak diperkenankan adanya attachment,
jadi saya harap Mba' buka situs tsb.

Ciri-cirinya adalah dibalik telapak tangan, kaki dan mulut terlihat
binting-bintik cacar air. Temperatur badan penderita sangat tinggi. Dalam
waktu 1 hari, sipenderita sulit bernafas karena paru-paru kanannya tertutup
cairan lendir.

Di Jakarta sudah ada yang terkena penyakit ini, dan syukur puji Tuhan masih
bisa terselamatkan yaitu anak teman sekantor.
Jika ada anak yang terkena penyakit ini harap segera membawa ke dokter,
karena sampai sejauh ini belum ada obat yang mujarab terhadap virus ini. Di
Jakarta harap mencoba ke rumahsakit Pondok Indah, karena anak teman sekantor
dirawat disana dan masa-masa sulit telah terlewatkan, sejauh ini dokter di
rumahsakit Pondok Indah berhasil menangani putri teman sekantor.

Untuk diskusi lebih intensif silahkan coba kirim e-mail ke Tuan Gee Yap
[mailto:[EMAIL PROTECTED]] atau ke Hwee Pin [mailto:[EMAIL PROTECTED]] mereka
akan memberi guidence sebisa mereka.

Untuk berjaga-jaga, berita di Singapura dan Malaysia bahwa Playgroup dan TK
diliburkan untuk mencegah meluasnya epidemi penyakit "aneh" ini. Saya hanya
menyarankan untuk lebih selektif memilih Playgroup dan TK, bagi mereka yang
mempunyai anak dibawah lima tahun (Balita) mohon untuk extra hati-hati.
Virus ini menyebar dengan sangat cepat melalui playgroup-playgroup (kasus di
Malaysia & Singapore) akibat anak-anak saling bersentuhan. Harap monitor
playgroup-playgroup anak-anak anda dan segera tanggap bila ada berita
mengenai sakitnya seorang murid dengan ciri-ciri seperti cacar ini.

Semoga informasi ini bermanfaat,

Terimakasih,

Salam
Juanto Sitorus
PT Rekayasa Industri
Jl. Kalibata Timur I No. 36 - Jakarta 12740