Bunda Izhar,
Pemberian makanan padat pertama perlu teknik khusus.
Prinsipnya anak kan kaget dari makan cairan jadi makan
yang lebih padat, jadi butuh masa transisi. Sebaiknya
pemberian makanan padat pertama juga begitu, jika
diberikan pisang, jangan langsung 1 buah, tapi 1
sendok sehari, kalau perlu diencerkan dulu dengan air
putih/susu, lihat dulu BAB nya kalau mengeras berarti
airnya harus ditambah, kalau BAB nya normal
pemberianya bisa ditingkatkan jadi 2-3 sendok makan,
begitu terus sampai bisa habis 1-2 buah/hari.
Kesalahan utama para ibu adalah ingin anaknya cepat
makan padat dan langsung banyak, padahal perut bayi
perlu penyesuaian, kita saja kalau habis sakit kan
makannya bertahap baik jumlah dan kekerasannya.
Untuk jeruk juga begitu, jangan langsung 1 buah, tapi
coba 1-2 sendok makan dan diencerkan 1:1 dengan air
putih agar kadar asamnya berkurang.
Prose pengenalan makanan padat butuh waktu 1-2 bulan,
jadi jangan terburu-buru.
Kalau memang Izhar masih trauma dengan makan buah
langsung, bisa saja digabung dengan bubur susunya,
misalnya pisang kerok digabung dengan bubur susu, atau
air jeruk dipakai iuntuk mengencerkan bubur susu, sama
saja kok hasilnya. Kalau kelihatan dia sudah mulai
suka, pemberian buah secara langsung bisa dimulai dari
awal lagi dengan bertahap jumlah dan kekentalannya.

Mamanya Dafi