Saya pernah mengalami kasus serupa di milis ini,

Setelah lewat japri mental, saya coba tidak langsung lewat jalum tapi minta
tolong rekan milis lain yang sering nongol di jalum [balita anda] untuk
memforwardkan message saya (double forward).

Caranya,
Pesan yang mental saya hapus bagian notifikasinya (header) atau kadang tetap
saya biarkan - agar penerima pesan tahu bahwa e-mail saya mental di
japri-nya; trus diforward ke rekan [EMAIL PROTECTED] (misalnya) dengan pesan minta
diforwardkan ke rekan [EMAIL PROTECTED]

Hasilnya,
Selain tambah "virtual friends" juga mengurangi beban jalum
(untuk pesan-pesan yang layak tampil dan bermanfaat bagi "silent user"
lainnya)