Mbak/Pak Andra,
kalau boleh kasih tips, mungkin bukan makanannya yang si kecil ngga' mau.
Tapi bisa juga cara ngasih makannya, atau jam makannya.
Pada dasarnya bayi < 1 th kebutuhan makannya masih dapat terpenuhi hanya
dengan asi. Tapi kita biasa memberi makan mulai 4-6 bulan ke atas
tujuannya hanya untuk membiasakan si kecil makan makanan selain asi.

Kalau saya dulu diajarin sama DSA saya, kalau waktunya makan (mis. jam
11), si kecil menolak. Ya udah jangan dipaksa. Makin dipaksa makin ngga'
mau makan dia. Coba 1/2 jam kemudian, tawarin makan lagi. Mungkin 1/2 jam
ygl dia belum lapar.

Atau trik lain, cara memberi makannya sambil dislamur. Mis. kalau si kecil
suka nonton tv, ya dikasih makan sambil nonton tv. Atau sambil dibacain
buku. Mungkin dia bosan duduk di high chairnya.

Atau bisa juga ngasih makannya sambil digendong. Bolehlah diajak jalan
keluar rumah, tapi saya terus terang ngga' tll suka cara ini. Krn selain
ngga' mendidik, takut makanannya kotor.

Cerita pengalaman saya, anak saya umur 6 bulan sudah mulai makan rebusan
sayur yang dipotong dadu. Dia suka sekali duduk di highchair-nya dan makan
sendiri.

Trus soal kacang hijau, setahu saya kandungan lemaknya sedikit sekali
(1,15 gram / 100 gram mentah). Jadi rasanya ngga' bikin mual donk...
mungkin baunya yang bikin mual. Biar ngga' bau langu, bikin bubur kc.
ijonya bisa pakai sedikit jahe.

Iya deh, sekian dulu ya...

rgds,
Quinike