Dari artikel satumed.com.

Dear all,

Beberapa waktu yg lalu ada yg membahas masalah kebersihan ini di balita.
Saya ingat pendapat mbak Rien, pak Basuki, dll mengenai kaitan antibodi &
kebersihan. Ini saya dapat artikelnya dari satumed.com. Ternyata memang,
terlalu bersih itu tidak baik, antibodi jadi tidak terbentuk. Malah saya
denger2 nih, ada suatu jenis penyakit baru akibat lingkungan yg terlalu
bersih, seperti penurunan daya tahan tubuh, jadi spt AIDS begitu. Salah
seorang kerabat saya (yg notabene orgnya sgt pembersih) terkena penyakit ini
di Medan dan telah beberapa lama di opname.

Mudah2an bisa jadi masukan yg berharga bagi kita.

Wassalam,
Mama Mia&Rafi.

Terlalu Bersih Ternyata Tidak Baik

Kalau terlalu bersih, bisa jadi sistim kekebalan tubuh anda malah jadi
lemah. Tapi biar begitu, jangan jorok-jorok amat juga lah. Malah tambah
bahaya nantinya.

Pesan ini disampaikan oleh para delegasi Forum Ilmiah Internasional tentang
Kebersihan Rumah yang pertama kalinya diadakan.

Dalam forum ini, para ahli kuman dan ahli penyakit infeksi akan berdebat
soal "hipotesa kebersihan" - bahwa obsesi akan kebersihan sebenarnya berarti
membiarkan diri kita terbuka terhadap penyakit. Mereka juga menyatakan bahwa
"kebersihan rumah tangga yang terfokus" adalah sesuatu yang lebih baik,
dengan membersihkan tempat-tempat yang benar diperlukan, seperti
tempat-tempat penyiapan makanan - pada waktu-waktu yang penting.

Pesan ini memang cocok untuk mereka yang benar-benar menjaga kebersihannya.
Tapi buat kita-kita yang masih jorok, tentu hal ini tidak cocok jadinya.
Yang bisa diambil adalah, bersihkan tempat-tempat yang benar-benar perlu
sampai sebersih-bersihnya. Untuk yang tidak begitu penting, bersihkanlah
sekedarnya. Yang penting tampak rapi dan tidak jorok lagi.

Masalahnya, mana tempat yang penting, mana yang tidak? Itu sih urusan
masing-masing.

Rgds - IRA