Dear Maretha....
Saya mo kasih tambahan aja dari sharing teman yang lain. Tentang asuransi
kesehatan ada berbagai tipe dan cakupannya. Saya dulu mendapat asuransi
yang dapat memberikan maid yang datang ke rumah selama 5 hari (kita
tentukan jadwalnya), atau nurse selama 2 hari atau juga nurse khusus
menyusui selama 3 hari. Semuanya kita yang pilih tergantung kebutuhan.
Jadi.....kalo nanti nggak bisa ditunggui ortu, masih ada option lain, kan?
Dan
memang dari pihak asuransinya hanya akan mengcover vaginal delivery untuk 2
nights stay kecuali ada komplikasi dan 3-5 nights stay untuk ceasar. Kalo
mau lebih juga boleh.....asal bayar sendiri. Kalo mau kurang juga boleh,
tapi rugi dong.....kan udah bayar premi bulanan. Juga kita dicover untuk
lamaze program sampai US$75. Buat first time mom, juga diajari cara mandiin
anak, nyusuin, dll yang penting buat kita dan si kecil.

Mengenai enak nggaknya melahirkan di luar negeri atau nggak,
sih....tergantung rumah sakit mana yang kita pilih di Indonesia. Kalo di
Jakarta kan udah banyak sekali pilihan rs yang fasilitasnya udah bisa sama
dengan di USA. Tapi nasib saya yang membawa saya melahirkan di Batam yang
rada deg-degan, takut tetanus. Ha....ha... Tapi...dengar-dengar jahitan
dokter Indonesia lebih bagus dari dokter US, loh. Ada beberapa teman yang
anak pertama lahir di US dan yang kedua lahir di Indo, kita semua
diketawain DSOG kita, abis....jahitannya plintat plintut. Ha...ha.... Jadi
anak kedua kita semua pada ngebagusin jahitan.

Masalah mental....ya bergantung orang, ya. Tapi dari segi pengalaman, buat
saya dan suami merupakan suatu kesempatan yang bagus sekali. Apalagi buat
keluarga muda yang masih butuh mencari jati diri sendiri, kayaknya bagus
juga untuk menghindari intervensi pihak ketiga. Ooopss.....buka rahasia,
dech!

Segitu dulu sharing saya,
Ika - Mamanya Ariel&Brian