Mbak, selama ini sich saya pake feeling aja. kalo kita liat pembantu kita
baik 2x aja (menyenangkan) saya nggak pernah mencek tas/bawaan si pembantu.
apalagi kalo dia janji mau balik dan analisa kita juga dia pasti balik mis:
dia memang jujur banget dlm ucapannya jadi kalo dia bilang balik pasti
balik, bajunya masih banyak yg ditinggal (kalo cuma 2/3 mah bisa aja dia
nggak balik) dll.
takutnya nanti dia malah tersinggung, dan jadi nggak balik lagi dech... khan
repot  juga kita

Tapi pengalaman saya kalo mau mengecek tas/bawaan pembantu dg cara, si
pembantu/BS kita suruh beli apaan aja yg kira 2x jauh dr rumah dan memakan
waktu yg lama, jadi pas dia pergi kita cek-lah tas/bawaannya. tapi harus
hati 2x jangan sampai berantakan, biar dia nggak curiga.
dan nyuruhnya jangan mencurigakan mis pas kita & dia masak, tiba 2x kita
suruh dia beli apalah yg kurang dr masakan, diada 2xin aja.
selama ini saya mengecek dan ternyata bener loch mbak ditasnya ada baju 2x
kebetulan waktu itu suamiku baru dr korea, pd hal baju 2x itu ada yg buat
oleh 2x utk sanak family.

Ada juga loch mbak pas mencek tp barang 2xnya  nggak saya keluarkan dr
tasnya, tangan saya langsung masuk ke bag. dasar tas, saya pikir sdh tdk ada
yg diambil eh.....ternyata pas saya teliti ulang dasar tasnya dia taruh
potongan kardus bekas dan dibawah kardusnya ternyata byk brg 2x saya.
pinter .... aja akalnya.
ada juga jauh 2x hari sebelum dia pulang saya bilang akan mencek tas/bawaan
dia kalo dia pulang, dan pas dia mau pulang(sebelum berangkat) pembantu saya
bilang " bu katanya mau liat tas saya" kontan aja saya bilang nggak usah,
abis dia udah berani bilang gitu jadi saya yakin dia nggak bawa brg 2x saya.
tapi hati 2x kalo pake sistim ini kita mesti tau bhw pembantu kita nggak
punya teman yg dekat dg rumah kita, nanti dia titip dulu ke temannya.

Aduh sorry jadi kepanjangan abis kalo ngomongin pembantu nggak ada habis
2xnya. oh iya sekalian saya mengucapkan selamat idul fitri mohon maaf lahir
dan bathin.

Salam
Mama Putra & Calista