Papanya Intan,
Saya belum punya pengalaman dengan anak yang takut
hantu namun tiap usia anak punya kecenderungan takut
pada hal tertentu misalnya anak usia 1 tahun takut
suasana dan orang asing, 2-3 tahun takut suara keras
(hair dryer, blender), dan usia 4-5 tahun hal-hal yang
bersifat khayalan (hantu, monster, dll), jadi kalau
dilihat usia anak bapak, wajar kalau dia takut dengan
hantu karena memang masanya bahwa dia merasa hal-hal
yang menyeramkan yang dia dengar atau dia tonton bisa
menyakiti dia saat tidur. Untuk itu orang tua harus
bisa menghindarkan anak dari mendengar/menonton hal
yang menakutkannya. cara penanganannya memang tidak
bisa langsung efektif, tetapi orang tua harus
mengulang-ulangnya sampai anak yakin bahwa dia aman
beberapa langkah yang bisa dilakukan :
1. Tanyakan dengan lengkap apa yang dia takutkan dari
hantu tersebut semakin lengkap semakin mudah kita
tentukan tindakan untuk mengatasinya. Misalnya dia
rasa hantu akan keluar dari mana, trus apa yang
dilakukan hantu pada dia dll.
2. Yakinkan bahwa yang dia lihat hanya khayalan dan
tidak bisa menyakiti dia. Anak saya (2,5 tahun) tahu
tentang hantu dari day carenya, tetapi selalu saya
tekankan bahwa hantu tidak bisa menganggu anak yang
suka berdoa dan shalat dan sebelum tidur baca doa,
memang sih belum masanya dia takut seperti anak bapak,
tapi minimal mungkin ada efeknya nanti.
3. Kalau perlu tawarkan lampu dihidupkan saja, atau
pintunya dibuka sedikit agar orang tua bisa dengar.
4. Buat jadwal bersama dan insentifnya kalau anak bisa
melewati tahap itu, misalnya boleh 2 hari ditemani
sampai pagi trus 2 hari berikut ditemani sampai anak
tidur, hari berikutnya bisa pergi tidur sendiri dengan
pintu dibuka dan lampu nyala, makin lama makin
mendekati kebiasaan tidur yang lama dan beri hadiah
yang menarik minatnya.
Mungkin hal ini tidak akan semudah yang saya sebutkan,
namun cepat atau lambat anak akan bisa memahami bahwa
khayalan/mimpi tidak dapat menyakiti dia.
Semoga berhasil ya pak

Mamanya Dafi

--- "Winarto, Winarto"