> 1. Apakah Ibu yang sedang hamil boleh mengkonsumsi madu..?? apakah
> mengkonsumsi madu dapat menimbulkan efek sampingan..??
Boleh saja. Asal madunya masih baik, bukan madu palsu, tidak jamuran.

> 2. Mengapa keponakan saya (17 bln) bila marah selalu memukul-mukul
> kepalanya sendiri apakah ada efeknya..??
Temper tantrum! Efeknya pasti ada donk, kan sakit kalau kepalanya dipukul.

Cara menangani : bicara pelan-pelan, kasih tahu kalau marah jgn spt itu,
dll. 17 bulan sudah cukup usia u/ mengerti kok!

> 3. Keponakan saya (4 thn) sering dibentak dengan suara keras oleh
> papanya, apakah ada rekan netters yang tahu atau mempunyai artikel apa
> dampak nya bila anak sering dibentak..
Wah, artikelnya ndak tau di mana ya... tapi ringkasnya gini aja. Kalau
membentak anak yang bandel, yang capek kan yang mbentak, apalagi kalau
mbentak keras-2... sementara si anak tetap aja bandel. Atau mungkin saat
sehabis dibentak, dia (anak) akan diam dan "seperti" menurut. Kemudian
nakal lagi.
Kalau mau ngga' tll capek, cukup bicara keras dg satu kata "No!" (meski
ini td tll disarankan instead of tell an explanation why he should not do
that). Lainnya dijelaskan baik-baik. Anak akan semakin mengerti jika
diajak omong pelan drpd dibentak-bentak. Kalau bentakan kita sampai
kedengaran sama tetangga...wah, ntar bisa dikira child abuse!

Gitu deh kira-2 sharing saya. Semoga bermanfaat!

best regards,
Quinike