--- Bintojo Adiwidjojo <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
> tanya aja sama dokternya, mbak !
> apakah ini antibiotik ?
> kalo dia baik akan menjelaskan,
> tetapi bisa juga dia tersinggung,
> dan semestinya kita boleh juga menanyakan alternatif lainnya,

Wah... mustinya sih para dokter memang harus menjelaskan obat-obat apa
saja yg diberikan ke anak kita, ngga' cuman asal nulis resep. Tarohan
deh... nulis resepnya pasti urek-urekan, biar yang bisa baca cuman
apoteker doang! Saya kalau nulis resep, rapi sekali lho... sampai dikasih
A+ sama dosen saya! :-)
Btw, as parents, we have RIGHT to ask to and answered by pediatrician.
Kalau sampai DSA-nya tersinggung... bukan DSA yg baik donk! Kalau di sini,
bisa dituntut lho...!

> pengobatan itu tentu saja hanya baik untuk jangka pendek,
> sedangkan untuk jangka panjang,
> akan memungkinkan timbulnya kebebalan (?) pada tubuh,
> karena sudah terbiasa dosis tinggi,
> dosis kecil tidak akan mempan.....

Betul nih, memang u/ AB (antibiotik) ada jangka wkt ttt dlm pemberiannya.
Biasanya 3-5 hari. Stl itu kalau si kecil ndak sembuh, jangan dikasih lagi
sisa obatnya, sebaiknya balik ke DSAnya, atau DSA lain -- untuk get 2nd
opinion.

Secara umum, kita bisa baca apakah obat yg diberikan AB atau bukan.
Biasanya AB ada akhiran : -lin, -cin, -in. Tapi ngga' sll lho, krn vitamin
juga berakhiran -in, -vin.
Buat ortu yang really care about this, bisa jg beli buku "Daftar
Obat-obatan Indonesia", biasanya dikeluarkan tiap tahun. Terakhir saya
beli di GM 4 th yg lalu, about Rp 14.000,- Ngga' tahu sekarang berapa ya.
Ada yg kerja di toko buku? Atau yang pernah beli. Mungkin harganya sdh
naik sih!
Buku ini isinya daftar obat-2 yang ada di Indonesia, nama obat, isinya,
dosisnya, dan keterangan lainnya.

best regards,
Quinike