Papanya Oliver & Christover

Anak temenya usianya berapa yach ??
Saya rasa itu bukan krn efek tangang tidak pernah dibedong dech, soalnya
anak saya waktu baru lahir paling tidak suka tangannya dibedong, selalu dia
berusaha ingin mengeluarkan tangannya. Sampai sekarangpun dia paling tidak
suka kalau diselimuti tangan-nya.

Pengalaman ketika anak saya baru lahir, biasanya kalau orang jawa harus di
Jadah dulu ( kalau enggak salah eja ), alias dipijat sekalian dibersihkan
kulitnya dari kotoran yang dibawa ketika lahir. Ketika itu Dukun pijitnya
menyarankan agar ibunya ( saya) setiap kali memandikan bayi sekalian
memijat-mijat tangan dan kaki bayi dengan gerakan lurus kebawah dengan
tujuan agar tangan/kaki si bayi tidak benkok ( kaku) dan otot-otot nya
lebih lentur. Saran tsb saya terapkan selalu ketika memandikan bayi saya.

Coba dech pak tangan/kakinya sering-sering dipijat, pertama-tama gerakanya
agak halus dulu, baru lama-lama tekanannya ditambah. Atau bisa coba dibawa
ke dukun pijat khusus bayi. Mudah mudahan belum telat.

Salam Manis
 Teny

---------------------- Forwarded by Teny Yudawati/bjsfer/BJSERVICES on

"Quinike N. Sukirwan" <[EMAIL PROTECTED]> on 01/18/2001 12:25:53 AM

Please respond to [EMAIL PROTECTED]