From: Endra Wimajanti <[EMAIL PROTECTED]>
To: balita-anda <[EMAIL PROTECTED]>
Sent: Monday, January 22, 2001 5:00 PM
Subject: [balita-anda] Benjolan di belakang telinga (Dr Rudy....)

Dr Rudy dan rekan lainnya,

Dibelakang telinga putri saya (16 bln) teraba benjolan sebesar biji kedelai.
Dulu, saya pernah konsultasikan hal ini dgn dsanya dan menurut beliau itu
hanya pembengkakan kelenjar saja. Kemarin malam saya menemukan lagi 1
benjolan lainnya dgn lokasi dan besar yg hampir sama dgn yg lama. Yang
menjadi pertanyaan saya:

1. Apakah benjolan-2 tsb memang hanya pembengkakan kelenjar? Saya sangat
khawatir mengingat dari jalur ibu, saya memiliki keturunan berpenyakit
kanker (payudara)
2. Apakah seorang bayi tdk bisa berpenyakit tumor. Karena jawaban yg saya
terima dulu, dsanya mengatakan bhw dia yakin itu bukan kanker (tanpa meraba
atau melihat pada benjolan tsb).
3. Kalau memang hanya pembengkakan kelenjar, apakah suatu saat nanti
benjolannya akan hilang dgn sendirinya.
4. Kelainan benjolan seperti apa yg harus kita waspadai, khususnya pada
seorang bayi.

Terima kasih banyak atas perhatiannya.
Endra