Rekan netters & pak Dokter yang baik,
Beberapa kali dibahas mengenai keterlambatan bicara pada anak, tapi belum
ada mengenai bicara sengau. Anak laki-laki saya (Adel / 7 bln) mulai pkl
07.00 - 16.30 wib selalu di rumah dengan pengasuhnya (23 th) dan seorang
pembantu (16 th). Tidak ada masalah dengan cara kerja pengasuhnya, bahkan
bisa dibilang dia termasuk yang layak dipuji untuk banyak hal. Namun... sang
pengasuh ini membawa cacat bawaan, dulu dia pernah sumbing dan berhasil
dioperasi... dan sekarang bicaranya sengau. Yang saya khawatirkan... apakah
cara bicara pengasuhnya ini bisa mempengaruhi kemampuan bicara
Adel....Sementara itu saya dan suami selalu berusaha selama mungkin
bersama-sama Adel saat kami di rumah dan saat akhir minggu. Sementara itu
untuk berganti pengasuh.. rasanya tidak mudah mencari pengganti yang kasih
sayangnya ke Adel seperti ini ... akan tetapi kalo memang nantinya
membahayakan perkembangan bicara Adel... tidak ada alasan lagi bagi kami
untuk tidak menggantinya.
Mohon pendapat rekan-rekan.....

Terimakasih
-Reni-