Saya dapat resep pembuatan susu kedelai dari HU Kompas beberapa waktu yang
lalu yang seingat saya ditulis oleh ahli ilmu gizi dari IPB.  Caranya :
kacang kedelai setelah dicuci bersih di rendam maksimal 6 jam (kira" volume
kacang kedelai 2x lipat dari sebelum di rendam), setelah di rendam kacang
ditiriskan dan di blender dengan campuran air (sedikit banyaknya air waktu
pencampuran ini akan menentukan kental atau cairnya susu kedelai), setelah
di blender  disaring dengan menggunakan kain, sebaiknya kain putih hero
karena  akan menghasilkan susu yang lebih bersih. Setelah disaring susu
didihkan diatas api sambil terus diaduk, pada saat didihkan dapat
ditambahkan perasa misalnya jahe, gula, bubuk coklat, dsb , dan jangan lupa
menambahkan sedikit garam.  Setelah mendidih susu siap dihidangkan, kalau
mau awet boleh disimpan di kulkas atau kalau senang minum hangat disimpan di
dalam termos.  Mudahkan bu........Selamat mencoba, semoga sekeluarga senang
dengan susu ini.  Melihat caranya yang mudah sebaiknya susu ini dibuat
sendiri, kalau beli jadi gimana ya...........rasanya kurang higienis dan
nggak dapat dipastikan apakah menggunakan pemanis buatan atau gula murni.
Kalau untuk kacang hijau saya belum pernah bikin, rasanya hampir sama aja.

Mamanya Naufal