Mbak Arie,

saya punya teman, yg. anaknya (3th-an) tidak mau makan sama sekali.
Waktu saya tanya, maksudnya tidak mau itu apa ? Apa makannya sedikit
saja, atau picky-eater, atau nggak mau makan yg. kasar ? Ternyata tidak
mau semuanya ! Baik bubur kacang hijau, bubur ayam, nasi goreng, nasi
putih segala macem lauk, pokoknya ogah. Paling mau ya makan mie, itupun
sedikit. Lah, lalu energinya dari mana ? Dari Pediasure, katanya. Jadi
si anak cuma minum P'sure setiap hari... Waktu saya tanya, sejak kapan,
dia bilang, yaa..sejak anaknya belajar makan nasi. Waah ? Sudah hampir
dua tahun dong ?
Saya tidak mengerti persisnya apa masalah si anak tsb. Mungkin pas dia
ogah makan spt. itu, ibunya juga kurang mengusahakan dia utk. tetap
makan biarpun sedikit, sehingga si anak pikir makan bukanlah sesuatu
kebutuhan dan keharusan... Bagaimana pun saya rasa, lebih baik
dibiasakan anak makan sedikit, daripada nanti tergantung sama P'sure
spt. itu. Sebab kita kan tidak hanya butuh kalori tapi juga serat. Nah,
serat yg. terbaik kan dari makanan aslinya - buah, sayur, dllnya ? Jadi
kalo saya sih lebih menganjurkan memperlakukan P'sure hanya sebagai
pendamping, pagi/siang/malam diusahakan makan yg. benar2 makanan
meskipun sedikit... Tetap aja Bu, berusaha kasih variasi (baik makanan
maupun suasana) dllnya.

Salam,
Rien.