From: Debby [mailto:[EMAIL PROTECTED]]
Sent: 22 Februari 2001 1:45
To: [EMAIL PROTECTED]
Subject: Re: [balita-anda] Anjuran Baru dalam Menggosok Gigi: Jangan
Berkumur !

Menurut saya,
Bila kita menggosok gigi pake sikat+odol, stlh itu kan biasanya berkumur2x
dulu..., trus bilas dan selesai..., ya kan...?
Nah, utk kali ini maksudnya : tetap sikat gigi+odol trus hanya meludah dan
jangan berkumur
dengan air pada saat menggosok gigi.
Kali krn kita sdh biasa berkumur2x mungkin agak sulit ya...., coba aja dulu
cara saya :
setelah sikat gigi, lalu meludah, kemudian minum air sedikit sambil lidah
menyapu bagian gigi atas, samping, dan bawah saja (jadi ngga berkumur2x)
Mungkin utk berikutnya bisa pake gaya bule ya... sikat gigi trus meludah dan
selesai.
Utk sikecil (17 bln) memang saya terapin yg ini...sejak usia 10 bln, dulunya
krn dia belum bisa berkumur2x, yah saya suruh meludah saja, trus hanya
mulutnya bagian luar saja yg diseka dg air utk membersihkan sisa airliurnya.

salam