From: Rudy Sutadi, MD [mailto:[EMAIL PROTECTED]]
Sent: 26 Februari 2001 19:10
To: [EMAIL PROTECTED]; [EMAIL PROTECTED]
Subject: RE: [balita-anda] Artikel MMR di Kompas

Yth. Ibu Yenni Afrianti (Mamanya Naufal),

Berdasarkan statistik, batita yang mempunyai risiko tinggi untuk
autisme adalah bila kemungkinan adanya faktor genetik, misalnya :
- Kakaknya autistik, kemungkinan adiknya akan autistik 10-20%
- Saudara (sepupunya, oom/tantenya, dan lain-lain yang sedarah)
   autistik, kemungkinan autistik adalah 2-3 sampai 9 %
- Saudara kembarnya autistik, kemungkinan 95% (2 telur), 100% (1 telur)
- Saudara autistik dengan fragile-X, kemungkinan 50%
- Salah satu orangtua autistik, kemungkinan 46%
- Hal-hal lain yang angkanya belum jelas, misalnya ada keluarga yang
   retardasi mental, kesulitan belajar, terlambat bicara, dlsb.

Oleh karena anak saya yang pertama autistik (saat ini umur 6 tahun
10 bulan, dan Alhamdulillah berhasil masuk mainstreaming setelah
dilakukan intervensi dini secara intensif dan optimal dengan metode
ABA=Applied Behavior Analysis / Metode Lovaas), maka untuk adiknya
yang saat ini sudah berumur 13 bulan, *tidak* saya berikan imunisasi.

Imunisasi yang dihubungkan dengan autisme adalah DPT dan Hepatitis
B karena menggunakan thimerosal (ethyl mercury) sebagai bahan
preservatif (pengawet), dan MMR karena compound effect dari
triple vaccine.

Anak saya yang kedua tersebut sempat mendapat BCG dan
DPT 1x, polio 1x, hepatitis B 1x. Setelah saya sadar, maka pemberian
vaksin tidak lagi saya berikan.

Untuk mengetahui hubungan vaksin dengan autisme, bisa dilihat
antara lain pada http://www.909shot.com

Demikian semoga bermanfaat.

Dr. Rudy Sutadi, SpA