Reni Wulandari wrote:

> [...]
> Mohon sharing rekan-rekan,
> Anak saya ... Adel (8 bln), sudah tumbuh gigi satu... tapi disamping kiri
> bawah. DSA tidak mempermasalahkan hal ini. Dia minum susu pake dot sedikit
> lebih banyak dari yang dianjurkan (it's OK), dan kalo minum air putih atau
> Juice mulai dilatih pake gelas yang ada corongya... bahkan sesekali kita
> berikan minum dari gelas orang dewasa (dia suka sekali). Sebenarnya mulai
> umur berapa kita boleh memberikan minuman tidak melalui dot atau disendokin
> ? ..... Dan apa pengaruhnya bila terlalu dini mempraktekannya ?????

Saya rasa ndak ada pengaruhnya kok bu
Hanya masalahnya kalau pake gelas tuh, harus ada yang megangin, kalau dia sendiri
yang pegang kan bisa tersedak, atau minimal tumpah ke pakaiannya. Anak saya juga
sejak umur segitu sudah biasa pake gelas hanya saya biasakan pakai sedotan yang
biasa di bengkok in itu lho, jadi ya ndak tersedak.