From: Rien [mailto:[EMAIL PROTECTED]]
Sent: Tuesday, March 06, 2001 12:45 PM
To: [EMAIL PROTECTED]
Subject: [balita-anda] Petunjuk memilih sekolah

Mbak Watini,
di bawah ini saya dapat dari homepagenya Yayasan Kesejahteraan Anak
Indonesia
(YKAI), sayangnya saya lupa linknya apa, mungkin www.ykai.co.id ?

Semoga berguna,

Salam,
Rien.

-----------

Petunjuk mencari kelompok bermain/taman kanak-kanak yang
baik untuk anak kita.

Beberapa hal yang perlu anda ketahui:

 Beberapa sekolah ‘favorit’ sering mempunyai banyak peminat, maka
 biasanya mereka membuat daftar tunggu yang kadang-kadang harus
 sudah diisi 1 tahun di muka. Oleh karena itu ada baiknya segera
 mencari sekolah yang kita inginkan dan segera daftarkan anak anda
 paling tidak pesan tempat. Sehingga anak anda dapat mudah masuk
 apabila ada tempat yang tersedia.
 Beberapa tempat memberikan pelayanan khusus untuk orang-orang
 tertentu misalnya anak yang masuk harus berusia tertentu, anak
 dengan kecacatan,dll. Untuk itu orangtua harus mempersiapkan
 informasi-informasi yang relevan pada waktu mendaftar.
 Sediakan waktu sedikitnya 2 minggu sebelum kita mempersiapkan
 prosedur yang harus diikuti, kecuali kalau kita berada dalam keadaan sulit
sehingga harus
 mendadak.
 Beberapa tempat tidak buka pada saat hari libur.
 Anak anda memerlukan persiapan untuk menghadapi perubahan dalam
kehidupannya
dan coba
 beri sokongan pada minggu-minggu pertama masuk sekolah sehingga ia bisa
menjalani
 rutinitas yang baru tersebut. Sediakan waktu yang cukup untuk menemani anak
di dalam
 menghadapi situasi yang baru ini.

Langkah-langkah yang perlu diikuti ketika mencari sekolah yang diinginkan:

 Temukan sekolah yang sesuai dengan keinginan anda; coba lihat lebih dari
satu
tempat.
 Rancang untuk mengadakan kunjungan ke tempat tersebut; adalah baik jika
anda
 mengunjunginya sendiri tidak dengan anak. Kalau kita mengunjungi banyak
tempat bersama
 anak hal ini akan membingunkannnya. Kalau anda sudah menemukan tempat yang
anda
 inginkan, ajak anak anda kesana untuk membiasakan diri.
 Lihat standar minimum yang harus dipenuhi oleh sekolah tersebut.

Indikator-indikator penting dari sebuah sekolah yang baik:

 Staff.
Perhatikan kualifikasi dasar dari guru-gurunya, ratio antara guru dan murid
dalam satu
 kelas. Perhatikan juga sifat dan sikap guru dan staff lainnya dalam
menjalankan pekerjaan ini.
 Kalau kita merasa tidak nyaman dengan kondisi itu coba cari sekolah lain.

 Program.
Adanya jadwal kegiatan harian, pengaturan waktu dan program-program yang
 dirancang untuk mengembangkan kemampuan dan kematangan anak. Staff akan
mempunyai
 pemahaman tentang perkembangan anak secara individual dan mampu untuk
mendiskusikan
 minat dan perkembangannya. Anggota staff bertemu secara reguler untuk
merencanakan dan
 mengevaluasi program.

 Keselamatan dan kebersihan.
Anak harus dapat diawasi sepanjang waktu, termasuk ketika di
 dalam kamar mandi. Seluruh pintu gerbang harus aman, jangan pernah
meninggal
anak
 sendirian di ruangan. Jangan sampai ada kolam yang dibiarkan terbuka tanpa
pagar,
 pagar-pagar yang runcing dll. Ruangan harus bersih dan tertata rapi, tetapi
pada saat anak
 harus mengembangkan kreatifitasnya, mereka biarkan ruangan agak berantakan.
Ada baiknya
 juga kita melihat-lihat sampai ke toilet dan halaman belakang atau dapur
kalau ada sebelum
 kita memutuskan untuk memilih sekolah itu.

 Kondisi sekeliling.
Pelayanan yang baik adalah jika mereka betul-betul menerima kehadiran
 anak dan orangtua. Orangtua diberi kesempatan untuk membagikan
pengalamannya
 bagaimana anak di sekolah. Adanya hubungan yang hangat antara guru dan
murid.
Anak-anak
 terlihat bahagia dan sibuk dan mereka juga terlibat dalam percakapan dengan
orang dewasa
 dan orang lainnya.

 Kegiatan.
Tersedianya aktifitas yang beragam dan peralatan permainan yang bisa
dipergunakan
 oleh anak-anak. Boneka-boneka, perabotan rumah-rumahan, balok-balok,
buku-buku, mainan
 lilin, cat, peralatan menggambar, gunting, alat musik, pasir, air, puzzle,
alat yang bisa untuk
 dipanjat dan dorong. Peralatan yang tersedia itu harus bersih, aman,
terpajang menarik dan
 terlihat dirawat.

Beberapa pertanyaan yang bisa membantu anda untuk melihat secara kritis.
Staff:

 Siapa yang bertugas disana dan apa kualifikasinya?
 Berapa jumlah staf yang tersedia dan apa peran mereka disana?
 Berapa jumlah anak dalam kelas atau sekolah dan berapa usia mereka?
 Apa yang akan dilakukan jika ada kondisi darurat?
 Apakah saya merasa yakin meninggalkan anak saya kepada orang-orang ini?

Program:

 Apakah dalam kelompok ini ada kegiatan yang sifatnya individual dan
aktifitas
yang
 direncanakan untuk mereka?
 Apakah buku-buku dan gambar-gambar yang tersedia berhubungan dengan
aktifitas
khusus
 yang ada di ruangan?
 Apakah staf yang bertugas memahami bahwa anak saya ini unik?

Keamanan dan kebersihan:

 Apakah gedung ini aman, mudah tidak mencari jalan keluar?
 Apakah area sekeliling sekolah terjaga?
 Apakah toiletnya bersih?

Suasana ketika saya berkunjung kesana:

 Apa yang saya rasakan; diterima, mengganggu, dilibatkan, diabaikan?
 Apakah staf pengajarnya - senang bergosip, mengatur anak-anak,
bercakap-cakap
dengan
 anak, berpindah-pindah, menikmati pekerjaan bersama anak-anak?
 Apakah saya diijinkan untuk tinggal di hari pertama, dan sekali-kali
menengok?
 Secara umum apakah anak-anak terlihat sibuk, bahagia, agresif, cemberut?

Aktifitas:

 Kegiatan apa saja yang saya lihat waktu itu?
 Apakah permainan puzzlenya lengkap?
 Apakah buku-bukunya terawat rapih, robek-robek, tidak mudah dijangkau,
gampang diambil
 anak, pernah dipergunakan?

(sumber today’s child leaflets no 11, Canberra)