Maaf Mbak Dini,
Itu hanya pendapat pribadi saya saja dan itu didasari oleh pemikiran ayah saya yang
mantan guru,
saya pernah tanyakan bagaimana seharusnya anak boleh mendapatkan pendidikan informal
seperti itu.
Bagi saya pribadi trus terang TIDAK ada ketakutan sama sekali bagi anak saya
nantinya akan tertinggal dari teman-temannya di sekolah SD nantinya (anak saya baru
22 bulan jadi belum masuk TK).
Saya berprinsip bahwa di TK kelak anak saya akan tertanam suatu kepribadian agar
suka/senang/cinta sekolah saja karna banyak teman-temannya, agar kelak dia tidak
merasa jenuh dengan pendidikan di sekolah. Itu saja saya sudah senang, berarti
Insyaallah dia merasa bersalah/ada yang kurang apabila dia mbolos sekolah di
SD/SMP/SMU nantinya.
Bolehlah dari sekarang kita juga berpikir betapa banyak macamnya kursus yang harus
di masukinya karna orang tuanya yang ingin anaknya agar tidak ketinggalan dari
temen-temennya. tetapi dilain pihak kadang mengabaikan faktor ke JENUH an si anak
akibat menumpuknya PR baik itu dari kursus maupun dari sekolah sendiri. Tergantung
dari pemantauan orang tua sendiri saja, apakah anaknya termasuk jenius atau tidak
tetapi kalau si anak memang jenius tidak ada salahnya menambah ilmu seperti itu.
Tetapi kalau kemampuan anaknya memang rata-rata saja ya sebaiknya untuk tidak
memaksa, sebagaimana dengan apa yang dikatakan oleh mendikbud dulu yang perokok
berat itu (maaf saya lupa namanya) bahwa TK hanyalah merupakan taman bermain bagi
anak.