saya juga tahu sedikit. Yang menjadi penderita hemofili itu pasti laki-laki tapi
diturunkan oleh seorang ibu bukan oleh bapak. jadi ibu adalah pembawa hemofilinya
(carrier). Kalau bapak punya anak perempuan dia tidak akan menderita hemofili tapi
bisa normal bisa juga carrier tergantung dari gen X yang mana yang diturunkan ibunya

    bapak X Y       ibu X1  X2 (x1 = gen pembawa hemofili)
kemungkinan punya anak X X1 = perempuan (perempuan carrier), X X2 = perempuan normal,
YX1= laki-laki hemofili, YX2 = laki-laki normal. darah yang keluar dari luka sukar
berhenti karena sedikitnya/tidak adanya suatu zat pembeku darah dan juga anak itu
sendiri sering tidak sadar (tidak merasakan sakit) apabila terluka. Anak penderita
hemofili biasanya suka diberi suntikan ???? untuk ???? (saya kurang tahu).
saya pernah baca mengenai ini di majalah untuk kasus Ryan White, penderita hemofili
yang sudah meninggal karena terinfeksi HIV akibat jarum suntiknya.
kalau penanganannya benar, penderita bisa hidup sampai tua kok.
rita

--- Ulfa Dwisari <[EMAIL PROTECTED]>
> wrote:
>Sedikit yg. saya ketahui tent. Hemophili, yg. menyerang pada anak laki2.
>Hemophili itu sendiri penyakit yg. berbahaya dan emang bisa menyebabkan
>kematian jika tidak dijaga sangat hati2 sekali. Krn. pantang bagi penderita
>Hemophili itu terluka yg. bisa menyebabkan darahnya keluar, krn. sekali
>terluka sulit untuk memberhentikan darahnya, itulah Hemophili atau
>kurangnnya zat pembekuan darah dalam tubuh, barangkali ada netters laen yg.
>lebih mengetahuinya.
>
>Rgds
>Yumma Hafidz

"A room without books is like a body without a soul."
-- Marcus T. Cicero