From: Ratih Andjayani [mailto:[EMAIL PROTECTED]]
Sent: 26 Juni 2001 6:02
To: [EMAIL PROTECTED]
Subject: Re: [balita-anda] Musik klasik bikin anak cerdas?...bgm dengan
musik dangdut..??

penelitian yg sudah pernah dilakukan tentang topik ini adalah di barat, yang
notabene umum di sana adalah musik klasik dan rock, yg dinilai saling
bertolak belakang sifatnya....namun sebetulnya jika kita mau melihat lebih
jauh kenapa hasil penelitian terhadap dua aliran musik ini menunjukkan hasil
yg dipercaya sampai dengan saat ini, bahwa musik klasik mengoptimalkan
perkembangan otak dan fisik anak (baca : bukan semata/naif membuat anak jadi
cerdas atau lebih cerdas) dibandingkan musik rock, yg justru kebalikannya,
kita akan melihat bahwa sebetulnya yg memiliki efek sepertimusik klasik itu
bisa jenis musik lain, sejauh bahwa musik itu sifat relaxing, soft, easy
hearing, dan menimbulkan efek menyenangkan...

kalau ingin dipertanyakan secara ilmiah bagaimana dengan musik dangdut dan
yg lain, mungkin bisa anda coba lakukan penelitian ilmiah sendiri untuk
membuktikannya.

saya tidak semata memberikan musik klasik kepada anak2 saya, mereka juga
saya perdengarkan musik2 alam, newage yg soft, soft jazz dan bahkan
intrumental tradisonal jawa dan sunda - dengan catatan : soft, relaxing dan
easy hearing...

sebagai orang  muslim, kenapa tidak menggunakan lantunan ayat2 suci Al Quran
yg syahdu, saya setuju saja, selain anak anda perkembangan fisik dan
mentalnya lebih optimal, secara spritual dia juga terisi...

sekali lagi mohon teman2 netter yang lain juga tidak terlalu naif
menyimpulkan musik klasik sebagai sarana mencerdaskan anak kitaa, dan musik
lain kebalikannya sehingga bikin anak bodoh.... yg betul adalah musik jenis
ini membantu MENGOPTIMALKAN perkembangan anak kita, ya fisik, mental dan
tentunya juga pertumbuhan sel2 otaknya...... jika perkembangan sel2 otaknya
lebih optimal, tentunya diharapkan ia menjadi lebih cerdas bukan....

tetapi juga jangan lupa, penting sekali asupan nutrisi yg memadai - optimal
dan pola pengasuhan serta simulasi yg tepat bagi si buah hati....

salam,
ratih ibrahim
(mamanya rey misae dan raphael)