From: Yenni Afrianti [mailto:[EMAIL PROTECTED]]
Sent: Monday, April 09, 2001 1:21 PM
To: '[EMAIL PROTECTED]'
Subject: RE: [balita-anda] flek pada anak

Kebetulan hari Sabtu kemaren ada pembahasan mengenai flek ini di Anteve oleh
dokter Bambang, menurut beliau yang membawa penyakit ini dan menularkan ke
anak" adalah orang dewasa atau yang telah berumur 15 thn keatas.  Kalau
anak" sendiri tidak menularkan penyakit ini.  Penularannya selain oleh dahak
yang dikeluarkan penderita juga karena udara dilingkungannya, bisa juga
bukan karena di daerah kumuh, yang penting bila ada anak yang tertular flek
harus ditelusuri siapa pembawa penyakit tersebut, nah si orang dewasa ini
yang harus segera diobati, karena kalau tidak anak" yang belum terinfeksi
besar kemungkinan akan kena juga.  Masalahnya gimana kalau sumber
penularannya dari orang lain bukan anggota rumah kita, beliau bilang untuk
pencegahannya anak" harus mempunyai daya tahan tubuh yang kuat, dengan cara
diberi makan" bergizi  atau tambahan vitamin, yang penting daya tahan tubuh
anak kuat, selain itu hindari kontak langsung dengan si penderita alias
dijauhkan, dan yang lebih penting lagi anak diimunisasi BCG.  Yang lebih
memprihatinkan .ternyata saat ini Indonesia mendapat medali Perunggu untuk
kasus TBC ini, selain India dan China, jadi negara kita nomor 3 terbesar
penduduknya yang menderita TBC.  Selain berusaha semaksimal mungkin mari
kita berdoa pada Yang Kuasa semoga anak" kita diberikan kesehatan lahir dan
bathin, dijauhkan dari segala macam penyakit, Amin.

Mamanya Naufal