Rekan2,

Ada pengalaman menarik dari GM saya di kantor (org jerman), ketika itu dia
sempat di opname beberapa hari di RS akibat diare, menurutnya diare tsb
disebabkan habis makan di salah satu restoran cepat saji (yg notabene
franchise dari negara barat), guyonan dari teman dikantor (gimana kalo makan
di K-5 iya, kali langsung koit iya):)

Pengalaman lagi ada seorang balita meninggal, yg menurut dokter diakibatkan
orang tuanya terlalu over protect terhadap kebersihan mengakibatkan begitu
si anak terkena (kotoran, virus, bakteri etc), dia tidak mampu membentuk
antibody utk melawan kuman tsb dikarenakan sudah terbiasa dgn kehidupan yg
super bersih. (info ini Saya dapatkan dari Uak Saya).

Kalau kita lihat suku2 pedalaman (kubu, dayak, baduy etc.) mereka hidup
dihutan dgn tingkat kebersihan yg amat sgt minim. Tapi mereka lebih kebal
dari kita.

Saya pernah melihat sendiri di salah satu desa di Sumatera, seorang balita
(2 thn-an) makan nasi sendiri dgn cara memungut nasi tsb dari geladak papan
rumahnya (saya yakin kebersihannya tdk terjamin), tapi si balita tdk
mengalami diare.

Yg ingin Saya katakan disini, kebersihan itu penting, tapi terlalu over juga
tdk bagus. Kuman yg masuk, secara langsung akan dilawan oleh tubuh utk
membentuk zat antibody, jika sama sekali tidak ada kuman yg masuk, otomatis
tubuh juga tdk bakalan pernah membentuk zat antibody.
Mohon ma'af mungkin pendapat Saya bertolak belakang dgn rekan2.

tks,
papanya Azthi