pak Cakra,
saya punya pengalaman dua duanya,
anak saya yg pertama sama sekali ngga mau pakai dot,
tapi memang saya dulu berencana kasih ASi sampe 2 th,
jadi waktu dia di bawah 1 th, saya tidak serius memperkenal kan dot ke dia,

sayangnya, setelah kira kira umur setahun lebih, ASI nya mulai berkurang,
dan dia tetep ngga mau pake dot, jadi susu formula lyg masuk sedikit sekali,
kira kira 100ml sehari pake gelas dg sedotan,
mungkin ini ya yg bikin anak ku itu jadi berbadan kecil (?)
(4 th 1 bulan berat 14 kg)

nah karena pengalaman itu, dg berat hati saya ganti strategi ke anak kedua,
yaitu nyoba ngenalin dot dari dia masih bayi,
padahal takut juga dia jadi ngga mau ASI,
pertama sih dot nya saya isi ASI,
yg penting dia terbiasa pake dot dulu (apa udah pernah coba di isi ASI pak?)

terus berhubung saya harus anter sekolah si sulung, jadi pas saya ngga ada
ya di kasih formula mulai umur 3 bulan,
mula mulannya sih susah, karena sudah biasa kena puting yg empuk kali ya,
gonta ganti dot, akhirnya cocok dg dot karet dari pex,
mungkin juga bukan karena dotnya ya,
tapi karena pas pake dot itu, dia mulai terbiasa aja,

jadi triknya, di biarin ampe haus, dan ampe dia nangis pun hanya di sodorin
dot,
ini saya coba latih kira kira seminggu deh, pas tidur malam ngga saya kasih
ASI,
biar dia mau pake dot nya itu,

setelah berhasil, ya malam saya kasih ASI lagi, cuma kalau saya tinggal aja
di kasih dotnya,

begitu saja pak...

cheers,
Dini