Pak Agus,
Sepertinya nggak benar deh pendapat itu. Umur anak
disunat tidak berpengaruh pada tinggi badan anak.
Orang bule yang punya tradisi sunat, anaknya disunat
waktu masih bayi paling lama seminggu setelah lahir.
Orang jawa barat menyunat anaknya usia 4-5 tahun
Orang jawa tengah dan sumatra menyunat anak usia 10-12
tahun (tamat SD).
Jadi semuanya tergantung tradisi masing-masing daerah.
Memang biasanya saat anak disunat tamat SD
kelihatannya badannya cepat tumbuh, padahal ya memang
itu saatnya anak laki-laki berkembang dengan cepat
karena sudah masuk masa pubertas.

Yang lebih penting sebenarnya adalah setelah disunat
dapatkah anak menjaga diri agar lukanya tidak infeksi.
Kalau masih bayi yang bertanggung jawab adalah ortunya
dan untuk yang 10-12 tahun rasanya sudah bisa diatur
agar lukanya dijaga. Saya tidak yakin seusia itu bisa
menjaga diri agar lukanya bersih dan cepat sembuh,
umur segitu kan lagi 'heboh' banget (soalnya anak saya
juga sekitar segitu umurnya), kasihan kalau sampai
infeksi, kan tambah lama sakitnya.

Mamanya Dafi