Hai semuanya,
Saya banyak membaca yang menanyakan mengapa anak
terlambat bicara. Menurut saya terlambat bicara bukan
hanya karena dia AUTIST, atau bisu, atau
keterbelakangan mental, tetapi anak gifted pun banyak
yang terlambat bicara, malah mempunyai perilaku
repetitive, stereotip behaviour macam autist, karena
mempunyai fotografis memory. Karena itu sering juga
terdiagnosa sebagai autist.
Anda bisa menanyakannya pada Dr. Hardiono di RSCM,
atau Dra Endang Widyorini, satu-satunya psycholoog
ahli gifted child balita di Unika Semarang.

Jadi jangan cepat-cepat menyangka bahwa terlambat
bicara adalah autist.

Trims
Julia Maria
Anggota Pharos Nederland (institut yang membantu anak
gifted dan memberikan penyuluhan tentang anak gifted
kepada masyarakat).

-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Saya menterjemahkan buku, sedikit-sedikit..
Mudah-mudahan bisa bermanfaat.
Buku ini saya terjemahkan untuk memenuhi kebutuhan
kita, membimbing anak yang spesial.
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

 Diterbitkan oleh Centrum voor Begaafheid Onderzoek
(Pusat Penelitian Anak Gifted)  Khatolieke
Universiteit Nijmegen, Negreri Belanda, yang dikepalai
oleh Prof. FJ Mönks.
Publikasi dari buku ini adalah atas permintaan para
orang tua yang mempunyai anak spesial dan para guru
dimana mereka harus bergaul dengan anak-anak spesial.
Buku ini adalah buku pegangan praktis, yang dilahirkan
dari teori njlimet lalu disuguhkan secara sederhana
agar mudah aplikasinya.

Judulnya  HOOGBEGAAFDE KINDEREN THUIS EN OP SCHOOL

                 ANAK GIFTED DI RUMAH DAN DI SEKOLAH

Ditulis oleh FJ Mönks  dan Irene Ypenburg.

FJ Mönks adalah  guru besar luar biasa (tahun lalu,
2000, pensiun)  untuk ilmu perkembangan dan
pertumbuhan anak gifted di Universitas katolik
Nijmegen. Pada tahun 1992 - 2000 terpilih  sebagai
president European Council for High Ability (ECHA). Ia
membuat kombinasi antara teori dan praktek penanganan
anak-anak gifted, dan mendirikan CBO yang kegiatannya
adalah melakukan penelitian, sekaligus memberi layanan
pemeriksaan dan pemberian advis kepada para orang tua
dan guru. CBO juga memberikan kursus-kursus
internasional tentang anak-anak gifted.

Irene Ypenburg adalah seorang pendidik yang sejak
tahun 80-an rajin menulis tentang anak-anak gifted di
surat kabar terkenal Belanda, NRC Handelsblad. Dibawah
redaksinya, dia menerbitkan majalah berkala VOORUIT,
yang isinya adalah materi pelajaran untuk anak gifted
di sekolah dasar yang isinya campuran (anak normal dan
anak gifted)

Catatan: Di Belanda ada sekolah khusus untuk anak
gifted, yaitu bassisschool voor baijzondere kinderen
(SD untuk anak spesial). Materinya lain, dan cara
pengajarannya lain.

Buku ini Cetakan ke dua, diterbitkan oleh  Samson HD
Tjeenk Willink
Tahun 1995

PENDAHULUAN

Dengan adanya film Hoogbegafd met vallen en opstaan
(jatuh bangunnya anak gifted), maka lahirlah buku ini.
 Sejak tahun 1983 kami lebih sering  dihadapkan dengan
berbagai pertanyaan  di ruang praktek. Kebanyakan
persoalannya adalah karena berbagai upaya pendidikan
anaknya yang gifted itu seringkali tidak membawa
hasil. Hal yang sering terjadi, nampak sebagaimana
dalam surat seorang ibu di bawah ini:

.
         “Setelah dengan awal yang tak menguntungkan ,
kelahirannya yang sulit (Sept 78), kesulitan
pernafasan, masuk dalam conveuse (tolong terjemahkan
ini apa ya saya lupa, inkubator?), pada tahun
pertamanya Lia mampu berkembang pesat.  Pada usianya
ke satu setengah dia mampu menyebut berbagai warna,
pada usia tiga tahun, ia dapat melihat jam, dan pada
usia 4 tahun, dia bisa mulai membaca. Saya melihatnya
aneh juga, selain kemampuan membacanya yang lebih
cepat, yang lainnya tak ada yang abnormal. Waktu anak
saya ke dua lahir, saya menyamakan perkembangannya
dengan yang pertama, tetapi saya khawatir dan
menanyakannya pada dokter di konsultasi biro, mengapa
anak saya yang pertama bisa mengenal lama jauh sebelum
usia sebagaimana anak saya yang kedua? Tetapi setelah
beberapa lama setelah saya repot dengan berbagai upaya
revalidasi, ke dokter, ke SPEECH THERAPIS , RIAGG
(psikolog anak) dslt, bukan pada persoalan kemajuan
intelektual anak pertama saya itu, tetapi karena
masalah perilakunya yang sangat sangat sulit di rumah.
Di kelompok bermain, taman kanak-kanak, dia mempunyai
perilaku yang sangat penakut. Pada waktu ia berusia 5
tahun saya berkenalan dengan yayasan panti anak yang
merupakan filial dari ZMOK-school (sekolah luar biasa
bagi anak-anak yang mempunyai perilaku yang sangat
sulit). Pada prinsipnya, ia boleh masuk panti ini
untuk belajar bahasa isyarat, dan di sekolah untuk
mengikuti pendidikan setaraf sekolah dasar. Saya
berfikir bahwa lebih baik ia disana, keluar dari
rumah, karena di rumah kelakuannya tak bisa dipegang
lagi, ia semakin mempunyai perilaku yang makin
negatif”.

Sayangnya, tawaran  pertolongan datang setelah
beberapa tahun kemudian. Waktu itu Lia sudah berusia
10 tahun, ibunya bertemu dengan seorang guru yang
secara pedagogik melihat pada Lia pada kepandaiannya
yang istimewa. Hal ini bukanlah kejadian yang
kebetulan, namun banyak orang tua yang tidak mengerti
kemana harus meminta pertolongan. Banyak dari
guru-guru di sekolah yang tidak mengerti dan tidak
siap jika dihadapkan pada mendesaknya pendidikan bagi
anak-anak gifted. Tetapi yang sering didapatkan oleh
orang tua hanyalah: “Sudahlah, cukup senanglah jika
anakmu mempunyai kecerdasan yang cukup, tidak perlu
dipikir repot-repot!”

Karenanya diperlukan kejelasan insformasi tentang
anak-anak gifted. Apakah anak gifted itu, bagaimana
kesulitan yang bisa terjadi? Pertanyaan yang sering
diajukan antara lain: apakah anak saya gifted, jika ya
pada bidang apa? Lalu saya harus bagaimana dengannya,
baik di rumah dan di sekolah?

BAB I

PERKEMBANGAN MANUSIA SUATU PROSES DINAMIS

Sebelum kita mamasuki jawaban atas pertanyaan apakah
anak gifted itu, terlebih dahulu harus jelas apa yang
harus kita ketahui tentang perkembangan psikologis.

“Perkembangan psikologis adalah seumur hidup dan
merupakan proses interaksi yang dinamis, dimana
sifat-sifat seseorang  terbentuk  di lingkungan
tertentu dimana perilakunya dan dimana
motivasi-motivasinya akan diaktualisasikan dan
dimanifestasikannya (lihat Mönks & Knoers, 1994)”

Interaksi dinamis artinya beberapa factor bakat
tidak akan begitu saja berkembang mengikuti
perencanaan pengembangan, tetapi merupakan hasil dari
iteraksi antara bakat dan lingkungan. Karena bisa saja
terjadi bahwa, anak yang masih begitu kecil sudah
sangat begitu aktif, misalnya anak bayi yang mampu
menunjukkan dorongannya yang hebat untuk mengenal
lingkungannya. Jika sifat-sifat dari lingkungan,
semisal orang tuanya, justru bersifat berlawanan,
misalnya pasif dan tak menanggapinya, dengan
sendirinya dorongan itu akan ditekannya, dan
mengembanglah suatu perilaku yang mampu memberi
kesenangan (pada orang sekitarnya). Motif-motif
perilaku  dan tindakan kita yang sudah termotivasi –
dan perilaku itu sendiri adalah  hasil yang berskala
kuat dari proses-belajar pada setiap orang yang
terlibat.

Pada setiap anak, guna perkembangan yang baik,
membutuhkan bukan saja ruang bagi aktivitas
spontannya, namun juga membutuhkan stimulasi untuk
pembentukan perilaku dan tindakan yang baru.  Melalui
banyak penelitian kita mengetahui bahwa anak-anak bisa
menjadi lebih andaikan mereka secara rutin mendapat
kesempatan untuk mengerjakan pengalaman baru. Misalnya
 contoh di bawah ini:

Oleh Sekolah Tinggi Musik  ‘Felix Mendelsscholen
Bartholdy’ di Liepzig, beberapa waktu lalu saat sebuah
proyek beberapa Taman Kanak Kanak dimulai, dengan
menstimulasi bakat diri, maka bakat bakat yang lebih
ke arah musik dan seni bisa ditemukan. Dari sinilah
kemudian dasar program-program sekolah Tk dilihat
kembali. Anak-anak mendapatkan pelajaran musik, les
dansa, komputer, dan catur. Setelah hampir setengah
tahun berjalan, hasilnya sungguh luar biasa.
Kelihatannya yang berkembang bukan hanya anak-anak
yang berbakat dalam hal musik, dansa, dan melukis,
tetapi pada umumnya anak-anak itu secara umum akan
lebih berkembang daripada jika di rumah saja, dan juga
akan mengembangkan keinginan belajarnya. Guru-guru dan
orang tua dihadapkan dengan kenyataan pada bahwa
anak-anak ini sebelumnya tidak pernah diperhatikan.
Jelaslah bahwa, dengan tawaran kegiatan yang
bervariasi, maka anak-anak akan menjadi lebih bebas
yang menyebabkan tak pernah akan menjemukan.

Dengan aktualisasi stimulasi baru, maka “daerah-daerah
kosong” di dalam diri anak akan bangun dengan
sendirinya. Dengan kata lain bahwa eksperimen pada
sekolah taman kanak-kanak ini menunjukkan bahwa
perilaku dan motivasi dapat diaktualisasikan, yang
mana tadinya belum diketahui. Dengan begitu
pemerilakuan dan penanganan akan menjadi lebih jelas,
yang selanjutnya akan berkembang sendiri menuju suatu
pola perilaku yang stabil.
Pada bakat yang terpendam, dengan stimulasi, maka
bakat ini dapat dimunculkan dan kita pun dapat
membimbingnya, serta  kita dapat mendengar atau
melihat apa yang bisa dikerjakan oleh anak-anak itu.
Ini adalah satu dari banyak contoh dimana setiap orang
dapat melihat dengan jelas, bahwa perkembangan manusia
bukanlah sesuatu yang mekanis. Bahwa perkembangan
manusia bukanlah ibarat keybord dimana anda dapat
menekan knop tertentu  lalu muncullah apa yang anda
inginkan. Perkembangan manusia adalah selalu
diletakkan didalam diri manusia, dan lingkungan turut
menentukan.

Bagaimana orang dapat berkembang secara “benar”?
Syarat-syarat  dasar perkembangan anak adalah
interaksi yang benar dan stimulasi yang benar. Bila
hal ini tidak ada maka kemungkinan anak itu akan
kurang berkembang. Dengan begitu  bahwa tidaklah mudah
untuk mendapat kejelasan tentang interaksi dan
stimulasi apa yang tepat. Prinsip ini berlaku untuk
anak-anak baik yang kurang cerdas, cerdas dan gifted.
Pengetahuan tentang dasar-dasar proses perkembangan
manusia menjadikan kita dapat memahami bagaimana
perkembangan anak-anak gifted itu.