Dokter Rudy, di mana saya dapatkan MMR secara Terpisah ?

Terima kasih,
Mamanya Arya & Nike

-----Original Message-----
From: Rudy Sutadi, MD [mailto:[EMAIL PROTECTED]]
Sent: 23 April 2001 11:57
To: [EMAIL PROTECTED]
Cc: [EMAIL PROTECTED]
Subject: Re: [balita-anda] haruskah anaku di imunisasi MMR?

Yth. Ibu Fifianza,

Dokter memberi informasi secara berimbang (baik/buruknya), tidak akan
memaksakan bahwa harus di-MMR atau tidak akan melarang MMR. Orangtualah yang
harus memutuskan apakah anak akan di-MMR atau tidak, karena segala risiko
dan manfaatnya merekalah yang akan merasakan/menanggung.
Pada saat ini, hubungan antara MMR dan autisme masih kontroversial. Namun,
tidak dapat dikesampingkan begitu saja bahwasanya adanya fakta bahwa
sejumlah anak yang mendapat MMR kemudian mengalami regresi autistik.
Memang tidak semua anak yang mendapat MMR kemudian mengalami regresi
autistik. Mereka yang mengalami regresi autistik disebabkan sudah mempunyai
faktor predisposisi. Faktor predisposisi yang saat ini sudah jelas diketahui
adalah faktor genetik, yaitu bila di keluarga (ada hubungan darah) juga
mengalami autistik, keterlambatan bicara, retardasi mental, gangguan jiwa,
masalah belajar, dlsb. Namun, masih banyak faktor predisposisi yang belum
diketahui, umpamanya serokonversi dan titer imun Ibu dan Anak, riwayat
penyakit/kesehatan Ibu dan Anak, dlsb.
Faktor predisposisi serta MMR, ibarat peluru dengan pelatuk. Bila ada
pelurunya tetapi tidak ada pemicunya maka tidak akan meledak, begitu pula
bila tidak ada pelurunya walaupun dipicu juga tidak akan meledak.
Menurut saya, karena adanya faktor risiko serta banyak faktor predisposisi
yang belum jelas diketahui, sebaiknya pemberian MMR diberikan secara
terpisah, yaitu measles tersendiri, mumps tersendiri, dan rubella
tersendiri, dengan waktu yang berlainan. Hal ini sesuai dengan anjuran Prof.
Wakefield, berdasarkan adanya fenomena yang disebut compound effect (efek
gabungan).

Demikian sementara, semoga bermanfaat.

Dr. Rudy Sutadi, SpA