Assalamu'alaikum, mbak Evy...

saya menyempatkan diri mencari-cari artikel tentang hydrocephalus di
internet. dari sedikit yang saya baca, katanya hydrocephalus itu penyebabnya
belum diketahui secara pasti (masih banyak dugaan), tidak bisa dicegah, dan
tidak bisa disembuhkan. kalau pun dioperasi, itu hanya bertujuan untuk
menunjang kelangsungan hidup si penderita. o,ya...penderitanya bukan hanya
bayi yang baru lahir, lo.......tapi ada yang baru ketahuan kena hydro pada
masa kanak-kanak, dewasa, dan usia tua.

dan tindakan operasi yang bertujuan untuk membuatkan saluaran buatan untuk
'air kepala' itu bisa saja gagal (penderita meninggal), atau di kemudian
hari saluran itu pecah, sehingga perlu operasi ulang yang biasanya hasilnya
nggak seefektif yang pertama.

efek yang ditimbulkan hydrocephalus di kemudian hari bisa saja mengakibatkan
penderita kehilangan sedikit kemampuan intelegensi, gangguan pandangan mata,
hilang kontrol BAB&BAK, cacat fisik.....tapi insyaAllah kekurangan tersebut
tak menyangkut hal-hal yang sifatnya primer.  mereka tetap bisa tumbuh
normal sebagaimana anak-anak yang lain dengan sedikit keunikan yang
dimilikinya.

Oya, di Indonesia ada lo, yayasan yang memberikan support untuk penderita
hydro.......coba aja dicari infonya. kalau nggak ketemu, insyaAllah saya
coba carikan lewat internet.

wassalamu'alaikum warahmatullah.....

brillie

mudah-mudahan saudara mbak Evy itu diberi ketabahan yang luar biasa oleh
Allah, sehingga walau apapun yang terjadi, rasa tanggungjawab terhadap
amanah Allah itu tak akan tergoyahkan.