mohon info...memangnya anak2 kalo malem ngga suka pada ngelilir ? (apa
bahasa Indonesianya ya...?) Soalnya anak saya suka paling engga 1x semalem
Gimana donk...? kan kalo pisah kamar, saya ngga bisa denger....

~~~~~~~~~~~~~~~~~~
L i t a
PT. Trakindo Utama
Jl. Raya Cilandak KKO
Jakarta 12560

Ph. 7822373
Fax.7822357
~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

                    "Quinike N.
                    Sukirwan"            To:
                    <nquinike@yah        [EMAIL PROTECTED]
                    oo.com>              cc:     [EMAIL PROTECTED]
                                         Subject:     [balita-anda] tidur
                    05/16/01             di kamar sendiri
                    02:12 AM
                    Please
                    respond to
                    balita-anda

Mama Lolo,
sebetulnya sih bayi dari kecil pun sdh bisa bobok di kamar sendiri,
cuman kita, ortunya, yg suka ngga' tegaan.....
Sama seperti saya, Alex masih bobok di kamar kita, meski pakai boxnya
sendiri.
Sekarang ini, Alex juga dalam tahap "pisah kamar" sama kita.
Pas dia ultah umur 2, dia dikasih kamar sendiri [padahal dr dulu ya udah
ada....]. Box dia pindah ke kamarnya, juga berikut boneka dan hiasan2nya.

Rupanya, ngga' gampang juga lho... ini sdh 2 bulan, msh aja minta kelon.
Ya, kadang2 aja sih klu tidur siang dia mau masuk kamarnya sendiri, tanpa
dikelonin, tp dg syarat, pintu harus dibuka.
Trus klu malam, juga night light harus nyala.

Kalau menurut saya sih, mendingan ya dari sekarang aja [18 bulan]
dipindahin ke kamarnya. Jangan lupa dikasih tahu dulu, diwanti2 kenapa dia
hrs pindah, dll. Anak saya sih, jadi bangga punya kamar sendiri.

Step pertama, betul tuh... ditemanin dulu.
Step kedua... keluar kamar pelan2.
Step ketiga... kita bobok sendiri! :-)

salam,
Quinike

Bapak/ibu,
putra saya sekarang 18 bulan.. masih tidur di kamar saya dengan tempat
tidur
sendiri...
pertanyaan saya mulai umur berapa yah anak bisa dilepas utk tidur di kamar
sendiri mengingat
dia sudah mulai besar...
saya sih rencana nanti umur 2 tahun saya coba utk pindah kamar...
dg step 1 yaitu saya temanin dulu dia di kamar tsb sampai biasa....

gimana bapak/ibu yg lain ...punya pengalaman .. bagi bagi dong...
terima kasih yah...
rgds,
Mama Lolo