hi,
beberapa saat yg lalu topik ini juga baru di bahas di mailing list dunia-ibu
mumpung lagi di bahas disini, aku mau cerita dikit ttg pengalamanku bekerja
di rumah via internet, ini aku kopi kan posting ku di dunia-ibu

part I:
hai, mau cerita nih,
pengen nya sih bisa bantu ibu ibu lain melakukan yg sama nantinya...

waktu anak pertamaku lahir, aku stop kerja, urus anak dan RT total ampe 2 th
ngga pake pbt / bs tuh, tapi aku ngerasa, this is not me,
kata orang kan 'staying home is not for everybody'
tapi setelah 2 th sama anak, rasanya susaaaaaahhh banget mau ninggal, ngga
tega, ngga rela anak di pegang orang lain, wong dulu tuh kalo terpaksa pergi
ngga sama anak, yg jaga harus kakak iparku yg tak percaya, ngga boleh yg
lain... hehe

nah selama 2 th itu aku oprak aprik komputer, mulai belajar buat buat
website, udah liat belum http://fly.to/wahyu
yah awalnya dari situ, terus mulai mengenal internet lebih jauh lagi,
sampe tau caranya jual jasa lewat internet, jasa apa? kalo di amrik sih
banyak ya, bisa ngetik aja banyak peminatnya, tapi kebanyakan mereka minta
pekerja freelance itu tinggal di amrik juga,
nah terus kepikiran, wah mending terus usaha cari kerja yg seperti ini, ibu
ibu jepang udah mulai kerja remote gini dari th 92 kalo ngga salah.
(bener ngga pak Taufan?)

jadi sebenernya yg di kerjain tuh mulai dari se simple ngetik surat sampe
prograaming komputer,  banyak perusahaan virtual / orang orang bisnis yg
mencari 'virtual assistant' , apa itu? ya seperti sekretaris aja, tapi
online, virtual, kerjanya lewat email....

coba boss boss di indonesia udah mulai begitu ya....

nah kalo aku sendiri kebetulan waktu itu ketemu bule di  jakarta (ketemu di
internet) yg lagi nyari freelancer untuk web promotion, terus di training,
dan mulai kerja freelance semua online, lama lama karena cocok, aku di tarik
deh jadi fulltime...

nah kalo ibu ibu ada yg tertarik, perlu modal loh, perangkat komputer +
internet, juga modal uang untuk cost internet...
ini aku kasih beberapa link untuk mencari jenis kerjaan yg aku sebut tadi,
tentunya yg punya latar belakan di IT / computer science punya peluang lebih
besar, dan ingat ya, ngga gampang juga untuk sampe dapet klien... dannnnnnn,
aku kurang tau soal undang undang di indonesia untuk soal ini..
ada loh yg sampe sebulan dapat US$4000 tapi dia emang ahili programmer...

links yg aku inget:
www.elance.com
www.freejob.com
www.sohojobs.org

yg lain coba aja search pake 'freelance work' atau 'home workers'

satu tips, home workers yg harus bayar di muka itu biasanya MLM, jadi jangan
tergiur sama yg seperti itu...

part II:
aduh sorry ya kepanjangan...

selain jenis kerja yg aku jelasin di email sebelumnya,
bisa juga kan kita berbisnis,
terus di pasarkan lewat internet,

misalnya aja, kita bikin kertas daur ulang tuh,
terus bikin websitenya yg simpel aja,
terus di pasarkan websitenya,

waktu itu aku pernah di wawancara RCTI, selain aku, ada ibu ibu yg di
wawancara tuh gitu, dia buat pernak pernik kerjaninan tangan yg di pasarkan
di internet,

(kalo ada yg tertarik bisnis ini, ntar aku yg buatin websitenya deh, asal
ada komisi.. hehe)

oya tambahan buat mbak Endra,
sampe anakku yg kedua umur 7 bulan tuh aku ngga pake baby sitter, jadi total
anak anak aku yg urus,pagi pagi anter bayi ke rumah ipar, terus anter
sekolah, abis itu baru kerja,
 tapi setelah 7 bulan, aku nyerah.. hehe, jadi sekarang lebih enak aku
kerjanya ngga perlu banyak kerja malam, karena kalo siang bisa bagi tugas
sama baby sitternya...
yg penting buat aku masih bisa terus di samping mereka...

salam,
Dini