Teman-teman balita-anda,

Pengetahuan adalah harta yang tak ternilai harganya dan tak pernah
lekang oleh waktu. Pengetahuan mutlak diperlukan oleh setiap insan
di muka bumi ini. Tak ada satupun yang membantah bahwa pengetahuan
adalah penting. Namun demikian seberapa besar kita (anda dan saya)
menghargai pengetahuan yang bisa kita serap melalui banyak pengalaman
hidup kita dan sebagian lagi kita pelajari dari buku-buku hasil karya
peneliti-peneliti dan akademisi ?

Seringkali kita selalu menginginkan semuanya dengan harga yang murah.
Tidak pengetahuan yang ingin kita dapatkan dengan harga murah apalagi
cuma-cuma. Saya sendiri menyadari bahwa saat ini kita sedang memasuki
masa sulit, namun demikian menurut hemat saya tidak berarti kemudian
kita menghargai buku (baca: pengetahuan) dengan murah meriah. Mungkin
akan ada yang berkata bahwa kalau harganya murah kan bisa dijangkau
oleh banyak orang dan akan semakin banyak orang yang menjadi pandai
karenanya. Lalu pertanyaannya adalah kapan orang akan mulai berani
menghargai tinggi sebuah pengetahuan? Bukankah mereka-mereka yang
secara serius dan sungguh-sungguh mengabdikan hidupnya untuk dunia
pendidikan juga perlu menikmati hidup yang lebih layak? Kasihan mereka!!

Saya mohon maaf kalau kata-kata saya ada menyinggung, tapi itulah yang
memang terjadi di sekitar kita saat ini. Semoga apa yang saya sampaikan
juga mulai membuka hati kita untuk lebih menghargai buku, mainan ataupun
bentuk-bentuk lainnya yang menjadi alat untuk membangkitkan keingintahuan
anak terhadap pengetahuan-pengetahuan. Selamat belajar!!

Salam,
sw