Dear mbak Retno,
saya cuma tahu sebagian aja .. nggak apa-apa khan,
FSH = Folikel Stimulating Hormon
Hormon yang berperan dalam proses pematangan sel telur, jika sel telur telah
matang, maka akan terjadi apa yang disebut ovulasi,yaitu pelepasan sel
telur. Masa ovulasi inilah yang disebut sebagai masa subur.
LH = saya nggak tahu nich singkatannya apa
Kalau nggak salah, Hormon ini berperan dalam mempersiapkan rahim sehingga
siap menerima sel telur yang sudah dibuahi (konsepsi).
Prolactin =
Hormon ini bertanggung jawab dalam pembentukan ASI, biasanya hormon ini
aktif pada ibu-ibu yang sedang menyusui. Hormon prolactin juga menekan
produksi hormon esterogen, yaitu hormon yang bertanggung jawab dalam
memberikan sifat-sifat betina (X)(menstruasi,kulit yang halus,suara yang
lembut, dll).
Itulah sebabnya, ibu yang masih menyusui rutin,2-3 jam sekali, biasanya
belum memperoleh menstruasi.
Progesteron
Hormon ini bertanggung jawab dalam memberikan sifat-sifat jantan (Y) seperti
suara kasar, kumis dan janggut. Progesteron merupakan kebalikan dari hormon
esterogen.
Hormon progesteron ini hanya terdapat pada pria. Tetapi hormon esterogen
terdapat tidak hanya pada wanita, tapi juga pada pria. Jika pria kelebihan
hormon esterogen, maka biasanya kita mengenal mereka sebagai pria yang agak
kewanita-wanitaan.

Hormon ini juga menentukan jenis kelamin bayi laki-laki. jadi, kalau ibu
hanya punya anak perempuan saja, itu bukan kesalahan ibu, karena ibu hanya
punya faktor X. Jenis laki laki ditentukan dari pihak ayah, yang memiliki
faktor Y. Jika faktor Y dari ayah tidak kuat (karena berbagai faktor), maka
pada saat konsepsi, hanya sperm yang bersifat X yang dapat membuahi sel
telur (ovum).

maaf ya kepanjangan, and maaf juga kalau dalam keterangan saya ini tidak
terlalu detail, soalnya cuma seingat saya aja. Jadi kalau ada rekan lain
yang bisa menambahkan (dan mengoreksi), pasti akan lebih baik lagi.

salam,
mamanya Bimo