Sedikit menambah info dari Pak Budi, mudah2an berguna ya.
Belum lama ini saya dan Hana mengunjungi Papanya di Jerman. Saya ajarkan
sedikit bahasa Inggris dan Jerman selama di sana, seperti terima kasih,
permisi, tolong, sapaan selamat tinggal/jalan. Mulanya dia bingung karena
ketika di pesawat para pramugara dan pramugari berbahasa Inggris dan ketika
sampai di Jerman dia mendengar orang2 berbahasa Jerman. Setelah seminggu di
sana, saya dan Hana ikut ke tempat suami saya seminar dimana para peserta
seminar menggunakan bahasa Inggris. Nach mulai di sini Hana bisa membedakan
bahasa apa yang dipakai orang yang ajak dia bicara. Dia bilang Thank You
jika dia diberi sesuatu oleh teman2 papanya di tempat seminar dan bilang
Danke Schoen pada orang Jerman yang memberi coklat ketika di Kereta. Saya
sendiri takjub melihat dia bisa seperti itu.
Dan juga selama 1 bulan di sana sehari2 dia bermain dengan anak bule yang
notabene tidak bisa bahasa Indonesia. Entah bagaimana caranya mereka bisa
bermain tanpa ada kesulitan komunikasi (walaupun sebenarnya ada).
Jadi saya rasa tidak masalah jika dari kecil diajar lebih dari satu bahasa,
asalkan konsisten seperti misalnya Mamanya berkomunikasi dengan bahasa
Indonesia, sedangkan Papanya dengan bahasa Jawa.
Hal ini yang saya lihat dengan anak blasteran Indonesia dan Jerman di sana.
Ibunya asli Indonesia dan selalu berkomunikasi dengan bahasa Indonesia
sedangkan papanya so pasti dengan bahasa Jerman. Anak tersebut sekarang
sudah berumur 4.5 tahun, dia bisa membedakan kapan dia menggunakan bahasa
Jerman dan kapan dia menggunakan bahasa Indonesia tergantung yang mengajak
bicara.

Semoga bermanfaat

Salam

Mamanya Hana

"Budi Susanto" <[EMAIL PROTECTED]> on 05/31/2001 11:05:05 AM

Please respond to [EMAIL PROTECTED]