Mbak Misty,

saya pikir wajar-wajar saja seorang anak belum bisa duduk diam
untuk dibacakan buku oleh orangtuanya dan sering menggigit
dan mencoret-coret apalagi anak masih berusia 15 bulan.
Anak saya yang sudah masuk KB pun kadang masih susah untuk
duduk diam dibacakan buku.

Barangkali yang perlu diperhatikan adalah buku yang digunakan
sebaiknya yang relatif tebal sehingga tidak mudah dirobek dan
dicetak menggunakan tinta yang tidak beracun sehingga aman
dari penyakit yang bisa ditimbulkan karena digigit.

Untuk kebiasaannya mencoret-coret saya biasanya menyediakan
kertas buram dari kantor yang sudah tidak terpakai untuk digunakan
oleh anak menyalurkan kreativitasnya mencoret-coret (repot khan...
kalau sampai mencoret-coret dinding?) Syukurlah kalau anak saya
tidak sampai melakukan kreativitas 'grafiti' mencoret-coret dinding
rumah (lumayan menghemat karena harga cat lagi mahaaaaal...)

Untuk melatih konsentrasi memang agak sulit, namun bisa dimulai
dengan mengajak anak bermain yang melatih konsentrasi atau
ajak anak melakukan aktivitas lebih lama dari biasanya. Misalkan
mencoret-coret biasanya hanya 2 menit bertahan ajak dia untuk
mencoret-coret misalnya menjadi 5 menit dan jangan lupa untuk
memuji bahwa coretannya sangat bagus dan indah.

Salam,
sw
[EMAIL PROTECTED]

                    "Misty A.

                    Maitimoe"                To:     <[EMAIL PROTECTED]>

                    <misty@indopacifi        cc:

                    cpr.co.id>               Subject:     RE: [balita-anda] belajar
membaca

                    12/06/01 08:11

                    Please respond to

                    balita-anda

Mbak

Anak saya (15 bulan) masih sering sulit diajak duduk diam dan baca buku
bersama. Dia memang suka sekali memegang buku dan membalik-balik
halamannya,
tapi akhirnya cuma untuk digigit atau dicoret-coret. Bukunya lumayan banyak
lho, dari yang seri Sesame Street sampai buku bacaan untuk anak kecil (yang
tulisannya sedikit dan gambarnya besar-besar).

Cara saya juga seperti itu, membaca sambil menunjuk kata-katanya. Tapi dia
nggak sabar, maunya langsung balik halaman baru.

Bagaimana sih caranya mengajarkan anak berkonsentrasi? Atau hal itu akan
datang dengan sendirinya?