From:   Irwan Prasetya Gunawan [mailto:[EMAIL PROTECTED]]
Sent:   Wednesday, June 13, 2001 9:42 AM
To:     [EMAIL PROTECTED]
Subject:        [balita-anda] Re: buku time life

Wahyu Wijanarka writes:

> 1. Buku ini bisa dipakai u/ anak umur berapa ?
Menurut saya, sih, cocok untuk anak balita s/d usia pre-school; tujuannya
mungkin bukan untuk membuat anak bisa membaca, tetapi sebagai bahan bagi
orang tua dalam memberikan rangsangan/stimulasi terhadap si anak.

> 2. Baguskah buku ini untuk anak & apa efeknya buat anak ?
Bagus dari sisi apa? Penampilan? Lumayan. Di samping hard cover, isinya pun
full color, sehingga sudah merupakan rangsangan tersendiri bagi si anak.
Dari sisi materi, harus kita teliti lebih lanjut karena isinya merupakan
terjemahan asing dan pasti merefleksikan kondisi di negeri asalnya (yang
belum tentu sepenuhnya cocok untuk kita). Walaupun bisa kita ambil
rata-rata, karena pada umumnya hal-hal yang berkaitan dengan bayi, balita,
dan anak-anak pada umumnya bersifat general.

Efeknya buat anak, menurut saya, tergantung dari stimulasi yang diberikan
oleh ortunya. Sehingga, walaupun si anak dibelikan buku tersebut, tetapi
apabila bimbingan/stimulasi dari orang tua kurang mendukung, efeknya
mungkin kurang terasa. Interaksi antara or-tu dengan si anak pada saat
'reading time' juga, menurut saya, sangat penting. Sehingga, dengan
argumentasi seperti ini, dengan buku murah pun, hasil yang sama bisa
tercapai.

> 3. Wajarkah harganya ?
Harganya memang 'agak' mahal; bayangkan, bukunya merupakan terjemahan,
tetapi satu bukunya diberi harga (minimum) kurang lebih 100rb rupiah. Kalo
menurut saya sih, cocoknya buku tersebut berkisar antara 60rb - 80rb
rupiah. Padahal, kalo kita jalan-jalan ke toko buku Times atau QB di Jkt,
kita bisa dapetin buku dengan harga yang sama tetapi berbahasa Inggris,
edisi asli, dan penampilannya nggak kalah cantiknya. Sebagai perbandingan,
saya pernah membelikan anak saya buku cerita mini 'Snow white', bahasa
Inggris, hard cover, full color, harganya 25rb rupiah (walaupun ini pun
masih bisa digolongkan mahal pula). Apalagi jika dibandingkan dengan
buku-buku serupa terbitan lokal yang bisa banyak didapat di toko-toko buku
besar seperti Gramedia atau Gunung Agung, memang harganya terasa mahal.

> 4. Dimana bisa memperoleh buku2 ini di Jakarta ?
Saya tidak tahu.

> 5. Adakah seri buku lain dg kualitas hampir sama tapi dg harga lebih murah
?
Jika yang bapak maksud dengan kualitas adalah kualitas penampilan bukunya,
mungkin agak susah mencari kontendernya. Tetapi, jika yang bapak maksud
dengan kualitas adalah kualitas isinya, saya yakin, buku-buku terbitan
lokal (seperti Mizan, misalnya), nggak kalah bagus. Yang nggak kalah
pentingnya menurut saya adalah approach or-tu dalam berinteraksi dengan si
anak pada saat 'reading time'.

-irwan-