Untuk melunakkan kotoran telinga bisa pakai karbol gliserida yang dibeli
bebas diapotik.  Caranya teteskan 2-3 tetes ke bagian dalam telinga
(menggunakan pipet tetes) dan biarkan sekitar 15 - 30 menit, setelah itu
dapat dibersihkan dengan menggunakan cutton buds.  Untuk obat mata
tradisional saya nggak tau bu, kecuali kalau masih bayi, dulu pernah ada
yang menyarankan dengan meneteskan ASi dan ternyata saya coba ampuh.  Kalau
udah 20 bulan mungkin bisa dicoba obat tetes mata Cendo Fenicol (dari
dokternya dikasi obat tetes apa bu?).  Semoga Acha cepat sembuh ya.

Yenni