Bbrp waktu lalu hal ini juga pernurruang lebih 3 bulan,
Qiya sudah tidur semalam suntuk dari jam 9 atau 10
sampai pagi jam 5 tanpa bangun minta minum.  Ya memang
saya biasakan kira-kira jam 7-8 mainannya saya bereskan
dan pakaian Qiya diganti pakaian tidur .. jadi dia terbiasa
dengan suasana demikian.  Malahan kadang2 dia tidur
sendiri tanpa harus digendong atau diberi susu.  Tapi
sekarang sih kembali harus diminumin susu baru tidur deh
..  Menurut DSA saya, hormon pertumbuhan
bayi/anak-anak sedang aktif pada saat dia tidur/istirahat
malam (mungkin ada yang ingat iklan Dancow yang terbaru
ya .. saya kira hanya iklan lhoo), jadi tidak perlu kita
bangunkan .. kecuali untuk bayi dibawah usia 3 bulan, ya
biasanya dibangunkan tiap 3 jam supaya tidak kurang gizi.
 Ya, tentu kalau dia bangun minta mimik ya sebaiknya
dikasih.  Tapi sesekali Qiya memang bangun (lilir) .. dan
saya selalu buatkan minum atau saya berikan ASI tanpa
menerangi ruangan atau mengeluarkan suara .  Jadi
suasananya tetap tenang dan redup hingga dia bisa
lanjutkan tidurnya yang terputus ..
Tapi ada juga anak teman saya dari usia 2 bulan sudah
tidur dari lepas Maghrib (krai-kiar jam setengah
tujuh)hingga jam 5 esok paginya ..
Ya, sekali lagi .. tiap anak kan unik ya Bu/Pak

Sekian sharingnya,
Bunda Qiya

Dear Netters,

Mohon maaf jika hal ini sudah pernah dibahas sebelumnya.
Bayi saya usia 3,5 bulan biasa mulai tidur sekitar jam 8
malam dan biasanya
bangun sekitar jam 6 atau 7 pagi.
Dalam semalam dia bisa bangun untuk minum susu 2 - 4
kali.
Kalau siang kadang tidur 2-3 kali, tapi cuma sebentar.
Apakah ini normal? Yang ingin saya tanyakan pada usia
berapa anak bisa
tidur penuh semalam tanpa perlu bangun?
Maklum anak pertama, belum pengalaman.
Soalnya menurut DSAnya kita sebagai orang tua juga
harus berusaha mengatur
jadwal tidur anak agar teratur.
Mohon sharingnya.

Thanks,