> Mouna wrote :
> Wi, Tahu ngga batasan umur anak dikatakan buta warna, atau kapan dia
> biasanya sudah tahu warna?
> Karena begini, Afi itu kalau ditanya warna kuning misalnya, dia
> bilangnya
> warna Lala (teletubies) trus kalau dibetulin ya balik lagi balik lagi.
> Gimana cara efektif mengajari warna yach?

Bapak/Ibu,
anaknya umur berapa?
Buta warna, termasuk penyakit turunan juga lho,
klu dari ortunya/keluarganya ada yg buta warna, bisa kemungkinan anaknya
BW juga.

Anak2 bisa mengenali warna dari usia sekitar 1.5 tahun,
tapi baru bisa menyebutkannya dg benar di atas usia 2 th [average 3 th].
Jadi kalau Afi sdh ada 2 th, dan dia bisa tahu warna Lala itu yellow, ya
berarti betul donk dia... dia bisa melihat warna.
Anak saya dulu [sampai sekarang juga ding...] suka mbambung, klu ditanya
warna, dia sesuaikan dg warna2 si tubbies itu.

Klu yg BW partial, saya kurang tahu deh!

Nah, cara mengajari warna, ya sama saja spt mengajari bicara, mengajar
baca, dll. Sebutin aja warna2 yg dia lihat, dan kemudian ditanya kembali.
Mis. dia melihat balon merah. Kita bilang, itu balon warnanya merah.
Kemudian tanya sama dia, balon tadi warnanya apa ya?
Dg sesuatu yg berulang2, dia akan tahu juga.
Kalau mau, coba saja selama seminggu diajarin soal warna tok! Pasti cepet
kok... aduh, anak2 itu brainnya punya bytes besar yg berkembang terus...

Semoga berhasil!

best regards,
Quinike