From: mamanya Dafi [mailto:[EMAIL PROTECTED]]
Sent: Friday, July 06, 2001 9:56 AM
To: [EMAIL PROTECTED]
Subject: Re: [balita-anda] Bayi suka melamun

Mbak Rossy,
Melamunnya seperti apa, apakah tidak bergerak-gerak,
atau matanya kosong atau memandang sesuatu sampai
lama, saat sendirian atau saat ada orang.
Bayi 4 bulan penglihatan dan pendengarannya sudah
baik, jadi yang perlu dilakukan adalah :
1. Cek penglihatan bayi dengan menggerakan benda
berwarna cerah dari depan mata alihkan ke kiri dan ke
kanan dengan perlahan, jika mata bayi mengikuti
berarti pandangannya normal.
2. Cek pendengaran bayi dengan membunyikan lonceng
kecil (atau benda lain yang berbunyi) di samping
kepala (agak jauh) di kiri dan kanan, jika bayi
menoleh ke arah suara berarti pendengarannya normal.
3. Perlu di cek apakah bayi sering di guncang-guncang.
Banyak bayi yang terkena geger otak/pendarahan otak
bertingkah sebagai bayi yang tenang dan melamun.

Jika langkah di atas hasilnya baik maka mungkin
bayinya memang termasuk pendiam atau kurang stimulasi
dari orang tua/lingkungan sekitarnya.

Mamanya Dafi

--- Rosalie Helena <[EMAIL PROTECTED]>