----- Original Message -----
From: "roi" <[EMAIL PROTECTED]>
Subject: [balita-anda] Sesak napas dan jantung berdebar

Istri saya hamil 7 bulan setiap malam mengalami sesak napas diikuti
dengan jnatung berdebar dengan cepat dan keras.
Apakah situasi ini dapat diminimalkan dengan sesuatu ? Dicoba untuk
minum air putih tetap berada pada kondisi seperti ini.

Pak Roi,
seingat saya ibu hamil sewaktu kehamilannya mulai gede (trimester ke-3)
memang mengalami sedikit sesak napas. Itu disebabkan karena rahim yg.
membesar menekan diafragma ke atas, shg. volume paru-paru seolah-olah
berkurang. Jadi terasa sesak terus.
Begitu juga dgn. jantung yg. berdebar, karena butuh suplai darah yg. semakin
banyak, jantung semakin cepat memompakan darahnya.
Supaya tenang, konsultasikan saja ke dokternya Pak. Nanti kan bisa
diperiksa, berapa detak jantungnya per menit , berapa rate pernafasannya,
apakah masih dalam rentang normal, atau memang ada gangguan...

Salam,
Rien.