Sekedar sharing, saya jadi ingat dulu ketika anak saya masih ASI Eksklusif, pernah
saya makan pedas sekali ( nasi padang yang kebetulan pedasnya lebih dari biasanya ).
Waktu itu saya sudah bolak - balik BAB, alhamdulillah Syauqi malah tenang - tenang
saja tidak diare.

Menurut keterangan dokter Oetami Rusli, DSA  ASI yang pertama ( bukan kolostrum lho
ya, maksudnya pertama dihisap ketika menyusui), disebut 'foremilk' biasanya berwarna
jernih.  Ini sebenarnya bukan basi atau bikin mencret ( terlebih bila lebih dari 4 jam
tidak dikeluarkan, biasanya banyak yang beningnya ) justru banyak mengandung protein
dibanding lemak.  Setelah foremilk baru ' hindmilk'  ini yang berwarna putih kental.
Ini banyak mengandung lemak dan membuat bayi jadi kenyang. Menyusui yang benar, dari
satu payudara dihabiskan dulu baru pindah payudara lain sehingga bayi mendapatkan ASI
komplet ( fore and hind milk ).

Terkadang kita perlu second opinion, pengalaman saya ada juga dokter - dokter yang
masih ' konvensional' ( apalagi di makassar sini dokternya masih suka bingung kalau
ditanya hal yang baru )  Dulu saya pernah di suatu RS, DSA yang menyarankan untuk
memberi makanan tambahan di usia 3 - 4 bulan, tapi  saya tetap berkeyakinan selama
tidak bermasalah ASI Eksklusif sampai 6 bulan, alhamdulillah Syauqi beratnya justru
bagus ketika ASI Eksklusif.  Sekarang 21 bulan masih ASI walaupun saya kerja dari jam
07.30 - 18.30 sampai rumah.

Jadi jangan kawatir mbak, itu bukan dari ASI tapi mungkin dari udara atau higienie
seperti kata mbak Retno.  Sorry kepanjangan nih.  Mudah - mudahan berguna

Salam,
Umminya Syauqi