Mbak Tety,
Ada banyak hal yang perlu kita list untuk menentukan
apakah kita/anak perlu TK yang full day antara lain :
1. Apakah ada yang menjaga anak di rumah (yang bisa
dipercaya tentunya), ini terutama untuk yang ibunya
kerja.
2. Apa target kita menyekolahkan anak.
3. Bagaimana karakter anak dan kemandiriannya.
4. Berapa jarak dari rumah ke sekolah.
5. Berapa budget yang bisa kita siapkan untuk sekolah
tersebut.

Saya pribadi, kalau masih ada yang jaga dirumah dan
jaraknya nggak terlalu jauh mungkin anak tidak perlu
full day school, apalagi kalau anak kita tipe yang
belum bisa mandiri dan susah berpisah dengan orang tua
karena lingkungan sekolah yang beberapa jam saja sudah
memberikan stress tersendiri, ditambah lagi sehari
penuh berada lingkungan yang 'asing'
Full day school mungkin baru cocok untuk anak usia SD
yang sudah jarang tidur siang (meskipun seharusnya
sampai kelas 3-4 SD anak masih perlu tidur siang).
Beberapa sekolah yang menawarkan full day biasanya
dimulai dari kelas 3 dan itu tanpa tidur siang.
Hal ini lain dengan day care/penitipan anak dimana
anak sudah bisa dititipkan sejak usia 3 bulanan dan
dalam jadwal harian ada waktu untuk tidur/istirahat
siangnya. Anak-anak yang sudah melewati hari-hari di
day care akan lebih siap untuk masuk sekolah yang full
day.
Sebaiknya mbak Tety melakukan kunjungan dulu ke calon
sekolah tersebut, tanyakan dengan detail bagaimana
kegiatan belajar, bermain dan istirahatnya, lihat
fasilitasnya dan realita nya apakah seusai jam sekolah
anak bisa beristirahat dengan baik. Kelelahan fisik
anak akan berpengaruh pada kesiapannya menerima
pelajaran dan sayang sekali kalau hal ini terjadi di
masa awal sekolahnya.
Ini sekedar saran lho mbak, mungkin rekans lain punya
pandangan yang berbeda...

Mamanya Dafi