Ini copy dari email saya mengenai penyalur pembantu/BS
Tini di Tebet yang dialami langsung oleh rekan sekantor
saya.  Di arsip milis BALITA ANDA
(www.balita-anda.indoglobal.com) sekitar akhir mei akan
ditemukan jawaban yang lebih lengkap dr. bbrp netter.
Tapi memang penyalur ini tidak recommended, walaupun
urusan pembantu ini juga sama susahnya dengan mencari
jodoh :) .. cocok-cocokan.

Thanks,
Bunda Qiya

Kebetulan bukan saya yang mengalami langsung, tapi
sahabat saya di kantor yang mengalaminya. Dia sampai
ganti pembantu dari ibu Tini itu 4 kali .. Yang pertama,
kelihatannya oke .. penampilan bersih, asal dari Jonggol ..
baru bbrp hari minta izin pulang dengan alasan kangen
anak, dan memohon spy jangan diganti krn akan kembali
lagi. Sampai hari ini tidak kembali. Yang kedua, diganti
oleh Ibu Tini tanpa tambahan biaya (garansi) .. Dia hanya
mengerjakan bersih2 rumah dan memasak air (?). Teman
saya ini pembantunya 3 orang. Nah pada saat yang satu
nggak masuk karena sakit (Tukang cuci pulang), si
pembantu dari Ibu Tini ini malahan marah2 waktu diminta
tolong bantu menggantikan mencuci (nota bene pake mesin
cuci lhoo) .. Lalu minta ganti Yang ketiga dan keempat ..
Ibu dan Anak ..karena si anak tidak bisa pisah dengan
ibunya. Sahabat saya ini membayar uang tambahan
100.000 untuk tebusan si anak. Ibunya lumayan rajin, tapi
si anak minta ampun manjanya dan bisa dibilang tidak ada
fungsinya. Akhirnya keduanya dipulangkan, dan teman
saya ini hanya dapat penggantian 100,000. Sementara dia
sudah keluar banyak uang untuk gaji (wlaupun satu
minggu,kita wajib menggajinya kan ?) Saya sendiri pernah
kesana, tapi saya sudah malas duluan, karena pembantu -
pembantunya demanding. Dan kelihatannya turn overnya
tinggi menandakan tidak langgengnya pembantu2 disana.
Jadi, saya sih tidak merekomendasikan, walaupun urusan
pembantu juga ditentukan "jodoh" ... Saran saya sih,
mendingan cari pembantu lewat koneksi saja. Kita tahu
latar belakangnya, juga kalau mau ngasih nasehat bisa
lewat kenalan kita itu .. Regards,