Mbak,

Saya juga pernah kena penyakit ini dan sampai di rawat di RS selama sekitar
3 minggu, dan dari hasil lab,  virus levernya hepatitis A. Dan setelah
pulang dari RS, selama sekitar 1 bulan saya benar-benar bed rest dimana
dalam sebulan itu segala kegiatan diusahakan hanya di kamar tidur saja,
kecuali mandi dan bab. Dan makanan saya pun benar-benar dijaga mulai dari
yang lembut sampai akhirnya normal kembali, hal ini memakan waktu kurang
lebih 3 bulan. Kebetulan waktu itu kegiatan saya bekerja dan kuliah, dan
praktis dua kegiatan itu saya hentikan. Saya baru memulai kuliah kembali
setelah 3 bulan beristirahat kemudian setelah 6 bulan baru saya bekerja
kembali, itupun setelah jadwal kuliah saya tidak terlalu penuh. Tapi
alhamdulillah sampai sekarang penyakit saya tidak kambuh lagi. Namun
menurut informasi kalau virusnya masih hepatitis A kemungkinan untuk sembuh
total sangat besar asal dijaga antara gizi yang masuk dan energi yang
dikeluarkan.  Namun kalau virusnya sudah hepatitis B, ini yang harus
benar-benar dijaga.

Sekarang ini saya menjaga diri saya dengan berusaha mengkonsumsi makanan
yang asupan gizinya sesuai dengan tenaga yang saya keluarkan. Dan setiap 6
bulan sekali atau minimal setahun sekali saya memeriksakan darah saya untuk
mengetahui apakah SGPT dan SGOT saya dalam keadaan normal.

Oh ya mbak, kata dokternya virusnya jenis apa, apakah hepatisis A, B atau
C. Sepulang dari RS nanti usahakan istirahat dulu. Dan kalau sudah
menjalani kegiatan sehari-hari harus diingatkan jangan terlalu capek
bekerja, baik fisik maupun pikirannya. Oh ya, saya pernah diberitahu kalau
temulawak itu bagus untuk dikonsumsi oleh orang yang kena lever.

Segitu aja deh sharingnya, maaf kalau kepanjangan. Semoga ayahnya Shaguille
cepat sembuh.

Salam,
Retno N. - Ibunya Nisa

"Shaquille Fabri Attala Rayhan" <[EMAIL PROTECTED]> on 07/26/2001
12:19:33 AM

Please respond to [EMAIL PROTECTED]